Saturday, March 14, 2015

543 TKI Bermasalah dan 1 Bayi Dipulangkan ke Kampung Naik Kapal Pelni


TRIBUNNEWSBATAM.COM, TANJUNGPINANG- Sebanyak 544 orang Tenaga Kerja Indonesia Bermasalah (TKIB) yang ditampung di Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) dipulangkan ke kampung halamannya, Jumat (13/3/2015).
Mereka terdiri dari 154 Tenaga Kerja Wanita (TKW) dan 387 lelaki serta satu bayi.
Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Tanjungpinang Surjadi mengatakan, selain TKIB reguler yang dideportasi dari imigrasi Malaysia, dua TKI lainnya merupakan titipan Komisariat Jendral (Komjen) RI di Johor Malaysia.
"Kalau sebelumnya Komjen Johor pulangkan dari Batam. Sekarang tetap dari Tanjungpinang," ujarnya, Jumat (13/3).
Dia juga menjelaskan para TKIB tersebut dipulangkan menuju Tanjung Priok Jakarta menggunakan kapal Pelni Umsini dari Pelabuhan Seri Bayintan Kijang. Mereka dideportasi dari Malaysia ke Tanjungpinang sejak Selasa dan Kamis lalu.
Surjadi juga menjelakan, jumlah TKIB yang dideportasi dari Malayisa masih dimungkinkan akan bertambah. Namun penampungan yang ada di Tanjungpinang untuk TKIB, saat ini belum memadai.Saat ini TKIB lelaki, masih ditampung di rumah penampungan di Batu 8 Jalan Transito. Tempat penampungan tersebut juga kerap membeludak jika pemulangan TKIB ke daerah asal tidak cepat dilakukan.
Sedangkan Rumah Penampungan Trauma Center (RPTC) untuk lelaki yang dibangun di Sei Timun Senggarang belum bisa difungsikan. Pasalnya listrik belum menyala.
"Kita sudah minta ke PLN tapi belum ada jawaban dari PLN sampai sekarang. Semua udah Ok sejak akhir tahun lalu, tinggal listrik saja. Yang perempuan sudah dipakai, tinggal yang lelaki," katanya.
Untuk itu dia berharap listrik ke RPTC tersebut bisa cepat dialirkan PLN. Sehingga untuk bisa digunakan untuk penanpungan TKIB lelaki.

SUNBER : http://batam.tribunnews.com/2015/03/14/543-tki-bermasalah-dan-1-bayi-dipulangkan-ke-kampung-naik-kapal-pelni

Mulai musim pemulangan tki lagi ;

Link: http://adf.ly/1A9N0x

Blog Archive