Saturday, March 14, 2015

ADA APA ?- Penamaan Jalan Jokowi Batal


Pabrik Beton Milik JK Merusak Jalan, Penamaan Jalan Jokowi Batal

ADA APA ?- Penamaan Jalan Jokowi Batal


MAKASSAR, Baranews.co - Perusahaan milik Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK), PT Bumi Sarana Beton yang berlokasi di Jalan Manunggal 22, Makassar dituding telah merusak jalan dan lingkungan.

Jalan Manunggal 22, Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate merupakan jalan pintas dan jalan alternatif warga untuk menuju ke tengah Kota Makassar. Namun kondisi jalan berlumpur, berlubang dalam dan terendam air. Penguna jalan pun harus berhati-hati jika melintas di sana.

Tak sedikit pula kendaraan yang melintas di jalan itu mengalami kerusakan. Jika malam hari, jalanan di sekitar pabrik beton itu gelap gulita tanpa ada penerangan jalan. Ditambah lagi, lahan kosong di sekitar pabrik menjadi tempat pembuangan sampah. Setiap saat ada mobil truk atau pikap melakukan pembongkaran sampah di lokasi itu.

Selain kendaraan truk maupun mobil bertonase besar yang merusak jalan, pabrik yang berlokasi di dalam Kota Makassar ini pun mencemari lingkungan. Debu yang muncul dari aktivitas pabrik pembuat beton ini mencemari lingkungan.

"Sudah 18 tahun pabrik JK ini menyengsarakan warga di sini Pak. Warga tidak tau mau ke mana mengadu, karena kendaraan pabrik merusak jalan dan terutama debu aktivitas pabrik beterbangan masuk ke dalam rumah. Sudah tidak layak ada pabrik beton di sekitar pemukiman warga," kata salah satu penduduk asli Kelurahan Maccini Sombala, Muhammad Arief Pattewakkang, Jumat (13/3/2015).

Arief mengatakan, selama berdiri pabrik beton itu, Jalan Manunggal tidak pernah diperbaiki oleh pihak perusahaan. "Pernah diperbaiki jalan oleh pemerintah, tapi cepat sekali rusak. Bagaimana tidak, kalau mobil truk besar dengan tonase ber ton-ton serta mobil molen pabrik beton melintas. Warga di sini sangat keberatan dengan keberadaan pabrik ini," kata Arif yang mengaku sebagai pendukung Jokowi-JK.

Pada bulan November 2014, jalan Manunggal 22 pernah diratakan dengan timbunan pengerasa saat Presiden Jokowi berkunjung di Taman Maccini Sombala, dalam rangka peringatan Hari Pangan Sedunia.

Hanya saja, jalan yang sudah diratakan itu tidak di aspal dan kembali rusak dilewati oleh kendaraan truk. Saat penimbunan dan pengerasan jalan itu, warga sempat ingin mengganti nama jalannya dari Jalan Manunggal 22 menjadi Jalan Jokowi.

Penggantian nama jalan ini, karena puluhan tahun tidak pernah diperbaiki dan baru diperbaiki saat Presiden ingin berkunjung. "Pas mau datang Presiden Jokowi, Jalan Manungga 22 langsung ditimbun dan diratakan. Makanya warga sempat berinisiatif mengganti nama jalannya dengan nama Jalan Jokowi. Tapi perbaikan itu tidak penuh dan kendaraan pabrik JK masih merusak jalan, ya dibatalkan penggantian nama Jalan Jokowi," tutur Ridwan, warga lainnya. (Hendra Cipto/Kompas/dd)

http://baranews.co/web/read/35169/pabrik.beton.milik.jk.merusak.jalan.penamaan.jalan.jokowi.batal#.VQO39I4pqT 0

Link: http://adf.ly/1A8d8j

Blog Archive