Friday, March 20, 2015

Adhi Karya pasang tarif Rp 1.000 per Km untuk LRT


Merdeka.com - PT Adhi Karya (Persero) Tbk menyatakan akan mengenakan tarif Light Rail Transit (LRT) Rp 1.000 per kilometer (Km). Pada tahap awal, perseroan akan membangun LRT jurusan Cibubur-Cawang-Grogol sepanjang 15 Km.

"Tarifnya nanti mungkin Rp 1.000 per kilometer, jadi kalau dari Cibubur-Grogol itu 15 km, jadi Rp 15.000," tegas Direktur Utama Adhi Karya Kiswodarmawan di Kantornya, Jakarta, Jumat (20/3).

Dia menjelaskan perseroan mendapat tugas dari Presiden Jokowi untuk membangun LRT dari beberapa kota di sekitar Jakarta menuju ke Jakarta. Namun, saat ini Adhi Karya masih mengkaji rencana tersebut yang akan selesai pada pertengahan tahun ini.

"Jadi memang harapan kami paling tidak kuartal ke empat bisa dieksekusi fisik, harapannya," ujarnya.

Dia berharap pada 2018 mendatang, LRT sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Jakarta dan wilayah sekitarnya. Nantinya LRT ini akan dibangun di tepian jalan tol. Maka dari itu, kedepan pembangunan LRT ini akan lebih cepat mengingat tidak perlu ada proses pembebasan lahan yang di mana sering menjadi penghambat proyek.

Dalam hal kapasitas LRT, nantinya setiap hari akan mengangkut penumpang sekitar 360.000 orang. Untuk investasinya, diperkirakan akan memakan dana Rp 9 triliun hingga Rp 10 triliun.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi memerintahkan Adhi Karya untuk membangun LRT ini dikarenakan moda transportasi ini lebih fleksibel jika dibandingkan dengan Monorail ataupun MRT.

Dengan lebar kereta hanya sekitar 2,8 meter dan kecepatan rata-rata 40 km/jam, LRT ini dipercaya cocok dengan kondisi Jakarta yang memiliki gedung-gedung bertingkat sehingga dapat lebih efektif mengangkut penumpang ke berbagai tujuan.



 




Lumayan juga ya tapi kalau benar cepet mah tak masalh dgn harga

Link: http://adf.ly/1AjU50

Blog Archive