Saturday, March 28, 2015

(AHer gak termasuk)Enam Pemimpin Daerah yang Inspiratif




Krisis kepemimpinan sudah begitu lama mendera bangsa Indonesia. Dalam setiap pilkada, memang banyak kandidat terlihat meyakinkan untuk dapat meningkatkan wilayah yang akan dipimpinnya. Tak ayal, masyarakat pun tersihir dengan rayuan janji-janji manisnya. Kendati demikian, seriring waktu berjalan, dasar pribadi tidak bertanggung jawab berangsur-angsur tampak. Janji-janji tidak ditepati ketika setelah sang kandidat berhasil menduduki kursi kepemimpinan.

Kenyataan getir ini tidak hanya terjadi pada satu waktu ataupun satu tempat. Beberapa periode dan banyak wilayah mengalami hal sama. Mereka terkecoh dengan bujuk rayu para kandidat kepala daerah. Kebanyakan kepala daerah sebenarnya hanya ingin menjadikan jabatan sebagai lahan pemuas nafsu diri dan golongannya. Rakyat merupakan korban paling berat.

Beruntung di tengah krisis kepemimpinan saat ini masih ada kepala daerah yang bisa diharapkan dapat mengubah Indonesia, terutama wilayahnya. Buku Super Hero mengisahkan enam kepala daerah yang inspiratif, setia pada janji. Mereka menjadi pemimpin bukan atas dasar nafsu demi kedudukan ataupun harta. Niat utama mereka menjadi pemimpin adalah memperjuangkan nasib wilayah dan rakyat.

Keenam pemimpin tersebut adalah Gubernur DKI Jakakrta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Dengan niat untuk mengabdi, Ahok mantab bergabung dengan Partai Perhimpunan Indonesia Baru (PPIB) pada tahun 2003, pimpinan Sjahrir (halaman 17). Bermula dari sinilah, dia mendapat kesempatan menjadi anggota DPRD wilayah kabupaten Belitung Timur pada perioede 2004–2009.

Kesempatan emas yang dimiliki Ahok digunakannya untuk benar-benar mengabdikan diri kepada rakyat sehingga dipercaya menjadi bupati pada tahun 2005. Bahkan, tahun 2009, dia sudah masuk dalam percaturan politik nasional, menjadi anggota DPR. Pengabdian demi pengabdian akhirnya mengantarkannya menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Jokowi pada tahun 2012. Bahkan, kini Ahok menjadi gubernur karena Jokowi menjabat presiden.

Tak kalah dengan Ahok, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini juga mampu menunjukkan diri sebagai pemimpin yang sangat kuat dalam memperjuangkan kepemimpinannya. Di bawah Tri, Surabaya mendapat banyak penghargaan nasional maupun internasional.

Selama empat kali berturut-turut tahun 2011, 2012, 2013, dan 2014 Surabaya meraih Piala Adipura untuk kategori kota metropolitan. Dalam ajang internasional, Surabaya kian naik daun. Pada 2012, mendapat gelar sebagai kota terbaik se-Asia Pasifik versi Citynes karena kesuksesan pemerintah kota dan masyarakat dalam mengelola lingkungan.

Satu tahun kemudian, kota ini kembali mendapat penghargaan tingkat Asia Pasifik dalam dua bidang: Data Center dan Inklusi Digital. Penghargaan tersebut didapat setelah Surabaya mampu mengalahkan 800 kota dari seluruh Asia Pasifik (halaman 67).

Sementara, empat pimpinan daerah lain juga berhasil mengabdikan diri kepada masyarakat dan wilayah dengan gaya masing-masing. Sesuai dengan janji-janji politik saat kampanye, Ganjar Pranowo selalu melakukan terobosan-terobosan demi perubahan (halaman 80). Setelah Ridwan Kamil terpilih menjadi Wali Kota Bandung, berbagai langkah serius dilakukan untuk memecahkan masalah yang melilit Bandung (halaman 94-109).

Sebagai pemimpin yang dekat dengan rakyat, Bima Arya membuat program "Ngawangkong" bincang-bincang dengan warga untuk mengetahui aspirasi tiap Sabtu dan Minggu (halaman 123). Sedang Azwar Anas melarang mal-mal berdiri di dalam kota karena hanya memacetkan. Mal juga mendorong masyarakat semakin konsumtif, serta bisa menggeser perekonomian pedagang kecil karena kalah saing (halaman 136-137).


http://www.koran-jakarta.com/?29581-enam%20pemimpin%20daerah%20yang%20inspiratif

AHER kok gak masuk!!!Nurmahmudi, Iwan prayitno?
mustahil, ini mustahil, ini pasti konspirasi golongan liberal sekuler yang gak suka negri ini dipimpin orang alim



Link: http://adf.ly/1C4ukU

Blog Archive