Thursday, March 26, 2015

Arab Saudi Kerahkan 150.000 tentara dan 100 pesawat gempur Syiah yaman


Gempur Syiah Houthi, Arab Saudi Kerahkan 100 Jet Tempur dan 150 Ribu Tentara

Arab Saudi melancarkan serangan militer di Yaman untuk memberantas para pemberontak Syiah Houthi. Tidak tanggung-tanggung, Saudi mengerahkan 100 pesawat tempur dan 150 ribu tentara untuk operasi militer ini.

Selain itu, pesawat-pesawat dari Mesir, Maroko, Yordania, Sudan, Kuwait, Uni Emirat Arab, Qatar dan Bahrain juga ikut serta dalam operasi besar-besaran ini. Demikian diberitakan stasiun televisi Al-Arabiya seperti dilansir Reuters, Kamis (26/3/2015).

Disebutkan bahwa Mesir, Pakistan, Yordania dan Sudan saat ini siap untuk berpartisipasi dalam operasi pertempuran di darat. Pada Kamis ini, serangan-serangan udara terhadap Houthi telah dilancarkan Saudi dkk.

"Kampanye ini tujuannya untuk mencegah para pemberontak Houthi menggunakan bandara-bandara dan pesawat untuk menyerang Aden dan bagian-bagian Yaman lainnya serta mencegah mereka menggunakan roket-roket," tutur Menteri Luar Negeri Yaman Riyadh Yaseen.

Sebelumnya dalam statemen bersama, lima negara Teluk Arab: Saudi, Uni Emirat Arab, Kuwait, Bahrain dan Qatar telah memutuskan untuk bertindak melindungi Yaman dari apa yang mereka sebut sebagai agresi milisi Houthi yang didukung Iran.

Langkah ini dilakukan setelah Houthi yang juga didukung pasukan militer Yaman yang setia pada mantan Presiden Ali Abdullah Saleh, bergerak mendekati kota Aden, Yaman selatan, yang kini menjadi basis Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi.


http://news.detik.com/read/2015/03/2...ra?nd771104bcj

Link: http://adf.ly/1Bq9lY

Blog Archive