Friday, March 20, 2015

[Bukan Tipu2] Gubernur Sumbang 1.015 Traktor Bagi Petani Jabar


Gubernur Sumbang 1.015 Traktor Bagi Petani Jabar

inilah..com, Cirebon - Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan terus meningkatkan perhatian dan kepedulian kepada petani di seluruh wilayah Jawa Barat. Setelah memberi ribuan traktor di tahun sebelumnya, Heryawan kembali membagikan 1.015 traktor roda dua pada seluruh petani di wilayah Kota dan Kabupaten di Jawa Barat.

Pemberian secara simbolik diserahkan di Balai Penelitian Benih Palawija, Dinas Pertanian dan Pertahanan Pangan Provinsi Jawa Barat di Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon, Kamis (4/7). Acara dihadiri langsung para perwakilan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di masing-masing Kota dan Kabupaten di wilayah Jawa Barat, dan berbagai instansi pemerintah provinsi, Kota dan Kabupaten se Jawa Barat.

Saat menyerahkan bantuan, Aher menyampaikan, petani adalah pahlawan ketahanan pangan Indonesia. Pemerintah perlu memberikan keefektifan dan kemudahan kepada mereka dalam mengelola dan menghasilkan pangan. Salah satunya dengan pemberian traktor tersebut.

"Dengan traktor para petani akan semakin efektif dalam mengelola lahan tani yang akan mereka tanami padi," kata Aher.

Berdasarkan penelitiannya, keberadaan traktor sangat penting. Para petani sangat membutuhkan traktor untuk mengurus lahannya. Lebih dari itu, traktor secara tidak langsung menekan banyaknya hama yang menyerang padi. Pasalnya, dengan traktor para petani dapat menanam padi secara serentak, memanen padi secara serentak. Kondisi itu membuat semakin mudahnya membasi hama, akibat tidak bisa bergantian posisi.

"Selama ini, ketika menggarap lahan para petani masih banyak yang menggunakan kerbau, dan membutuhkan waktu lama untuk mengarapkanya. Ketika sudah beralih ke traktor petani akan efektif, dan hama-hama tidak selalu berpindah tempat. Kondisi itu memudahkan petani untuk membasmi secara serentak pula," harapnya.

Aher berharap, para gapoktan wilayah Jawa Barat terpacu untuk meningkatkan produktifitas kuantitas dan kualitas hasil panen.

Dalam kesempatan yang sama, Aher pula menyerahkan bantuan benih Palawija dan Kedelai, dengan total 17 Ton BBI untuk Kota dan Kabupaten di wilayah Jawa Barat. Untuk benih palawija, Aher serahkan pada wilayah Cianjur, sedangkan Benih kedelai akan dipusatkan di Cirebon.[ang]

http://www.inilahkoran.com/read/deta...i-petani-jabar

Link: http://adf.ly/1AfXpp

Blog Archive