Friday, March 27, 2015

Dua Rute Tol Laut Sudah Beroperasi, Mana Saja?


Dua Rute Tol Laut Sudah Beroperasi, Mana Saja?
Rimanews - Sebanyak dua rute infrastruktur maritim tol laut ternyata sudah berjalan dengan baik. Tol laut ini sudah digunakan untuk pengiriman logistik dan penumpang.

Direktur Transportasi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Bambang Prihartono mengungkapkan dua rute infrastruktur maritim tol laut sudah berjalan yaitu untuk rute Surabaya-Makassar dan rute Sorong-Waisai, Papua.

"Itu sudah berjalan baik untuk pengiriman logistik, dan penumpang, namun memang masih menggunakan kapal kecil," kata Bambang di Kantor Bappenas di Jakarta, Kamis (26/03/2015).

Bambang menuturkan dua rute tersebut sebelumnya memang sudah dioperasikan PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Persero, namun belum sesuai dengan konsep tol laut.

Terhitung sejak Februari 2015, ujarnya, dua rute tersebut telah dioperasikan PT. Pelni dengan konsep tol laut. Kapal yang melayani tol laut dalam dua rute itu berlayar mentransportasikan logistik dan penumpang, dua kali dalam satu hari.

"Jadi sekarang sudah terjadwal, biasanya kan hanya karena ada pesanan," kata dia.

Dua pelayaran dalam rute itu memang bukan termasuk pelayaran utama dalam konsep tol laut, namun lebih untuk pelayanan rute jarak dekat atau "short sea shipping".

Menurut Bambang, sembari menunggu realisasi pengembangan 24 pelabuhan tol laut, pemerintah mencoba memulai pelayaran tol laut untuk jalur-jalur pendek terlebih dahulu, khususnya di wilayah Indonesia timur.

"Sesuai dengan konsepnya, ini menjadi tujuan pemerintah untuk mengurangi tingginya disparitas harga antara di pulau Jawa dengan di wilayah Timur," ujarnya.

Dia berharap, jalur tol laut yang sudah dioperasikan tersebut dapat menarik perusahaan-perusahaan swasta untuk berani membuat rute terjadwal.
http://ekonomi.rimanews.com/investas...asi-Mana-Saja-

Mnatap..satu2 Janji Kampanye di realisasikan..

Link: http://adf.ly/1Bv0kX

Blog Archive