Monday, March 30, 2015

Jabar Ranking Satu Penyumbang Ekspor Indonesia ! Barang Jadi Pula !


Dari catatan Badan Pusat Statistik (BPS), Jawa Barat menjadi provinsi paling banyak menyumbang ekspor sepanjang Februari 2015. Salah satu produk yang banyak dilempar ke negara lain adalah ban kendaraan bermotor.

Kepala BPS Suryamin mengatakan total ekspor Jawa Barat mencapai USD 4,15 miliar. Nilai ini mengalami penurunan 3 persen.

Suryamin membeberkan faktor di balik kinclongnya ekspor ban dari Jawa Barat. "Ini juga didukung karena industri pengolahan karet yang sedang maju," ujar Suryamin kepada wartawan di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (16/3).

Setelah produk ban, komoditas minyak sawit atau crude palm oil (CPO) juga jadi andalan. Disusul printer dan copier. "Tintanya juga mereka ekspor," tuturnya.

Setelah Jawa Barat, Kalimantan Timur menyusul sebagai provinsi kedua yang paling banyak mengekspor. Nilai ekspor Kalimantan Timur pada Februari 2015 mencapai USD 3,2 miliar. Nilai ini turun 9 persen. Komoditas ekspor terbesar dari Kalimantan Timur antara lain LNG dan batu bara.

Jawa Timur menduduki ranking ketiga dengan ekspor mencapai USD 3,23 miliar. Kinerja ekspor Jawa Timur anjlok 18 persen. Komoditas atau produk ekspor andalan Jawa Timur antara lain perhiasan, mulai dari emas sampai batu akik. "Tapi tidak melulu itu (akik). Angkanya mencapai USD 430 juta Silver dan lainnya mencapai USD 812 juta," tuturnya.

Riau menduduki posisi keempat provinsi yang banyak menyumbang ekspor dengan nilai USD 1,2 miliar. Sumbangan terbesar minyak kelapa sawit namun terjadi penurunan 9 persen.

"Kemudian yang kelima adalah DKI Jakarta disumbang dari emas kemudian barang-barang kendaraan yang besarannya sampai dengan USD 214 juta," ucapnya.

Jabar Ranking Satu Penyumbang Ekspor Indonesia ! Barang Jadi Pula !

sumur  

yah semoga daerah lain bisa meningkatkan barang jadi keluar negeri, bukan hanya ekspor bahan mentah saja

Link: http://adf.ly/1CNJlS

Blog Archive