Sunday, March 22, 2015

jokowi : kelak kita jadi negara adidaya


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo bertekad menjadikan Indonesia sebagai negara produsen. Menurut Jokowi, Indonesia saat ini sedang dalam masa transisi, dari negara dengan ekonomi yang berorientasi pada konsumsi menjadi negara dengan orientasi produksi dan investasi.

"Ekonomi Indonesia sekarang sudah dalam proses transisi yang fundamental. Dari ekonomi yang terlalu mengandalkan ekspor komoditas mentah, akan kita alihkan ke perekonomian yang lebih menciptakan nilai tambah," kata Jokowi di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma sebelum bertolak ke Jepang untuk kunjungan kenegaraan, Ahad (22/3).

Jokowi melanjutkan, pemerintah menjadikan kondisi melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS saat ini sebagai momentum untuk memperbaiki perekonomian Indonesia. Meski demikian, lanjut dia, di sisi lain depresiasi rupiah juga menjadikan investasi di Indonesia menjadi sangat kompetitif.

Berbicara terpisah, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, untuk beralih menjadi negara produksi, pemerintah tengah menggalakkan peningkatan produksi untuk dalam negeri. Selain memperkuat pasar dalam negeri, lanjut Kalla, pemerintah juga mendorong ekspor.

Link: http://adf.ly/1B9Dgt

Blog Archive