Tuesday, March 24, 2015

Jokowi Sendiri Penggagas Remisi Bagi Koruptor


JAKARTA, BIJAKS – Indonesia Corruption Watch (ICW) mempertanyakan siapa sejatinya dalang dibalik wacana pemberian remisi bagi terpidana korupsi yang digalakkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly. ICW menilai, wacana remisi tersebut tidak murni dari Yasonna melainkan ada pihak yang memiliki kepentingan didalamnya.

"Gagasan ini murni dari Yassona pribadi ataukah Jokowi atau ada kepentingan lain?" ujar Anggota Badan Pekerja ICW Emerson Yuntho di Sekretariat Indonesia Corruption Watch, Jalan Kalibata Timur, Jakarta Selatan, Selasa (24/3).

Emerson bahkan curiga bahwa gagasan tersebut memang murni perintah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Apalagi melihat latar belakang Yasonna sebagai mantan politisi PDIP dari anggota komisi hukum DPR RI dan banyaknya politisi yang dijerat oleh KPK," ucapnya.

Ia menjelaskan pemberian remisi bagi para koruptor sangat bertentangan dengan program Nawa Cita yang tengah digemborkan pemerintahan Jokowi-JK. Emerson menyoroti itu seperti yang disebutkan angka 11 huruf a dalam nawacita tersebut mengenai berkomitemen pada pemberantasan korupsi. "Ini bertentangan dengan program nawacita Jokowi-JK. Di era Jokowi Menteri tidak ada misi yang ada visi presiden" jelasnya.

Selain itu, kata dia, upaya melakukan revisi PP Nomor 99 Tahun 2012 atau wacana melonggarkan pemberian remisi untuk koruptor justru dinilai keluar dari semangat agenda pencegahan dan pemberantasan korupsi. (km/rm/tn)

BERI KOMENTAR


Login untuk komentar Register Lo

Link: http://adf.ly/1BWS0F

Blog Archive