Wednesday, March 25, 2015

Kepada Jokowi, Toyota Janji Naikkan Ekspor Mobil 3 Kali Lipat


Nagoya -Presiden Joko Widodo datang langsung ke kantor pusat Toyota di Nagoya, Jepang. ‎Kepada Jokowi, Presiden Toyota Akio Toyoda berkomitmen meningkatkan ekspornya dari Indonesia sebanyak tiga kali lipat.

Hal ini disampaikan Jokowi di sela-sela meninjau pabrik pembuatan mobil Toyota di Nagoya, Jepang, Rabu (25/3/2015). Beberapa jam sebelumnya, Jokowi lebih dulu bertemu dengan Toyoda di Markas Toyota.

"Saya minta Indonesia dijadikan sebagai produk service khusus untuk ekspor. Tadi disanggupi untuk ekspornya ditingkatkan tiga kali dari yang sekarang," kata Jokowi.

"Tiga kali lipat, bukan 30 persen! Tiga kali lipat, baik komponen maupun yang mobilnya," sambung Jokowi lagi.

Saat ini jumlah terbanyak ekspor mobil di ASEAN masih dipegang oleh Thailand. Dengan adanya komitmen itu, nilai ekspor Indonesia akan mendekati angka Thailand.

Dari data ASEAN Automotive Federation, Thailand sudah memproduksi sebanyak 1,8 juta mobil. Sedangkan Indonesia baru di angka 1,29 juta unit tahun 2014 lalu.

Meski sudah komitmen soal ekspor, termasuk Rp 20 triliun investasi, ada beberapa keluhan juga yang disampaikan Toyota berkaitan dengan dunia investasi. Mulai dari visa kerja, angkutan barang dari pabrik ke pelabuhan, serta di pelabuhan itu sendiri Sepanjang Januari lalu ekspor yang dibukukan oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mencapai 15.000 unit atau naik 53 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Selain permintaan di pasar ekspor masih kuat, moncernya ekspor itu juga dikarenakan hadirnya sedan Toyota Vios dalam daftar mobil yang diekspor.

Primadona ekspor Toyota Indonesia masih didominasi oleh model Fortuner yang mencapai angka 4.400 unit. Fortuner menyumbangkan porsi sebesar 29% dari total ekspor kendaraan bermerek Toyota. Sedan Vios menyumbangkan porsi sebesar 25% atau sebanyak 3.700 unit dari total ekspor kendaraan bermerek Toyota.

Model berikutnya yang juga menjadi andalan ekspor Toyota Indonesia yaitu Kijang Innova dan Avanza yang masing-masing mencatatkan volume ekspor sebesar 1.200 dan 3.700 unit.

Selain empat model ini kendaraan utuh lainnya yang juga diekspor adalah Yaris, Agya, Rush, dan Town Ace/Lite Ace dengan total volume sebanyak 2.000 unit untuk keempat model tersebut.

Link: http://adf.ly/1BhmIz

Blog Archive