Tuesday, March 17, 2015

Konser One Direction Bikin Pra-Piala Asia U-23 Terancam Pindah dari GBK


Jakarta - Kualifikasi Piala Asia U-23 2016 terancam batal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada akhir bulan ini. Konser boyband asal Inggris One Direction yang menjadi penyebabnya.

Indonesia ditunjuk oleh konfederasi sepakbola Asia AFC menjadi tuan rumah salah satu grup kualifikasi Piala Asia U-23. Indonesia tergabung dalam Grup H, dan akan menjamu Korea Selatan, Timor Leste, dan juga Brunei Darrusalam.

Kualifikasi Piala Asia U-23 itu rencananya akan berlangsung pada 27-31 Maret mendatang. Stadion GBK sudah dipilih menjadi venuenya. Sebelum itu, ada acara lain yang digelar di stadion GBK, yakni konser One Direction pada 25 Maret mendatang.

Untuk konser itu rumput stadion GBK akan ditutup mulai, Senin (16/3) hari ini, karena persiapan konser sudah dilakukan. Penutupan rumput stadion merupakan salah satu persiapannya.

Setelah bertemu dengan pihak pengelola stadion GBK, sekretaris jenderal PSSI Joko Driyono mengungkapkan bahwa kualifikasi untuk memperebutkan tiket ke Qatar 2016 akan dipindahkan ke venue lain.

"Terkait venue Pre-Olympic (kualifikasi Piala Asia) yang dijadwalkan pada 27-31 Maret, koordinasi dengan direksi Gelora Bung Karno mengindikasikan adanya sebuah pesimisme untuk menyiapkan venue pada 26 Maret," ungkap Joko di kantor PT Liga Indonesia kawasan Kuningan, Jakarta, Senin (16/3/2015).

"Ini disebabkan oleh penggunaan GBK untuk kegiatan lain, yaitu konser One Direction. Kami sedang dialog dengan AFC dan tiga tim tamu, ini cukup krusial karena kalau ada penolakan dari ketiga tim dan AFC, ada opsi akan dicabut dan dipindah ke venue netral yang ditunjuk AFC."

"PSSI sedang mengajukan secondary venue, yang per hari ini kami sedang bekerja keras bahwa venue itu siap, yaitu Solo," imbuhnya.

Penunjukkan Solo ini lantas menimbulkan pertanyaan. Sebabnya, kota ini sedang dalam masa hukuman komisi disiplin PSSI akibat kerusuhan di laga Persis Solo yang mengakibatkan meninggalnya satu orang suporter. Dengan sanksi selama 6 bulan, Solo masih tak boleh menggelar laga sepakbola sampai 24 April mendatang.

"Kalau sanksi itu kan untuk pertandingan yang dikelola Persis Solo saja. Jadi, untuk timnas tidak masuk dalam sanksi disiplin itu," jelas Joko.

"Kalau PSSI itu kan tidak bisa menghukum yang di luar football family. Misalnya, FIFA kalau mensanksi Irak berarti bukan menghukum Irak sebagai negara, tapi sebagai federasi sepakbolanya. Berarti bukan kota Solo-nya yang kami hukum, tapi Asprov PSSI-nya," imbuhnya.
(cas/mrp)

http://m.detik.com/sepakbola/read/2015/03/16/174624/2860271/76/konser-one-direction-bikin-pra-piala-asia-u-23-terancam-pindah-dari-gbk

Bola panas dilempar oleh PSSI, biar tidak terlihat salah..

Link: http://adf.ly/1AEXjC

Blog Archive