Saturday, March 28, 2015

Kopilot Germanwings ternyata sedang sakit


20150327Andreas-Lubitz.gif

Jakarta (ANTARA News) - Pihak berwenang Jerman mengaku menemukan surat keterangan sakit sehingga pilot yang sengaja menabrakkan pesawat Germanwings ke Gunung Alpen di Prancis Selasa lalu itu menderita penyakit yang semestinya tidak diperbolehkan terbang pada hari tragedi itu terjadi.

Para jaksa Prancis meyakini bahwa Andreas Lubitz (27) mengunci diri di dalam kokpit Airbus A320 Germanwings Airbus, Selasa lalu, dan sengaja mengarahkan pesawat itu ke gunung sampai menewaskan semua dari 150 orang yang berada dalam pesawatnya.

"Dokumen berisi catatan medis yang telah disita mengarah pada sakit yang tengah diderita dan berkaitan dengan perawatan oleh dokter," kata kantor kejaksaan di Duesseldorf di mana sang kopilot tinggal dan sekaligus menjadi tujuan akhir pesawat jatuh itu setelah tinggal landas dari Barcelona.

Surat keterangan sakit dari dokter yang ditemukan di rumahnya itu bisa menjadi alasan Lubitz bisa istirahat dari kerja demi alasan kesehatan, selama satu hari yang tepat pada hari kecelakaan itu terjadi.

Temuan itu mendukung pandangan bahwa Lubitz seperti menyembunyikan sakitnya dari perusahaan dan rekan-rekan kerjanya, kata para jaksa.

Para jaksa tidak menemukan catatan wasiat bunuh diri atau pun pengakuan, atau bahkan bukti adanya latar belakang politik atau agama di balik kejadian itu.

Germanwings mengatakan Lubitz tidak mengirimkan surat keterangan sakit itu yang semestinya membuat dia tidak diperbolehkan terbang Selasa 24 Maret itu, yakni hari kecelakaan itu terjadi.

Di Prancis, pihak berwenang telah menemukan antara 400 sampai 600 bagian tubuh manusia di seluruh situs jatuhnya pesawat di Alpen. Tak ada mayat yang utuh dan tes DNA akan menjadi cara terbaik dalam mengidentifikasi sisa-sisa jenazah, kata Patrick Touron, wakil kepala divisi riset kriminal polisi Prancis Gendarmerie.

Para penyidik akan mempelajari bagian-bagian seragam guna mengidentifikasi para awak, termasuk Lubitz.

Kesehatan mental Lubitz -yang sudah diketahui oleh Germanwings dan induk perusahaannya Lufthansa- bisa menjadi titik bahasan utama dalam setiap kasus hukum yang mungkin diajukan di masa kemudian menyangkut kecelakaan itu.

Menurut hukum Jerman, karyawan diwajibkan segera memberi tahu perusahaan jika tidak bisa bekerja.

Sebuah rumah sakit di Duesseldorf mengatakan Lubitz belum lama ini pada 10 Maret lalu mengunjungi rumah sakit ini untuk menerima sebuah diagnosis penyakit.

Rumah sakit ini enggan menerangkan lebih jauh karena ini demi kerahasiaan pasien, namun kabar bahwa sang kopilot pernah dirawat karena depresi adalah tidak benar, demikian Reuters.

http://www.antaranews.com/berita/487...a-sedang-sakit


Kopilot Germanwings Sembunyikan Nota Izin Sakit pada Hari Kecelakaan Terjadi

DUSSELDORF, KOMPAS.com — Kejaksaan Jerman menemukan fakta baru terkait dugaan bahwa kopilot pesawat Germanwings dengan nomor penerbangan 4U9525 sengaja menabrakkan pesawat ke Pegunungan Alpen, Perancis. Kopilot bernama Andreas Lubitz (27) itu diketahui menyembunyikan nota izin sakit pada hari terjadinya peristiwa yang menewaskan 150 orang di dalam pesawat tersebut.

Dilansir dari AFP, dalam pencarian di rumah Lubitz, penyidik kejaksaan menemukan dokumen medis yang menyarankan kopilot itu untuk tidak bertugas.

"Dokumen medis yang menyarankan adanya penyakit dan dibutuhkan perawatan medis yang tepat," demikian keterangan penyidik kejaksaan Jerman, Jumat (27/3/2015).

Selain itu, penyidik juga menemukan "nota izin sakit yang tersobek dan masih berlaku, salah satunya berlaku untuk hari ketika kecelakaan itu terjadi".

Temuan ini mendukung dugaan sebelumnya yang menyebut Lubitz menderita depresi. "Dia menyembunyikan penyakitnya dari atasan dan koleganya," demikian pernyataan kejaksaan di Dusseldorf, Jerman.

Lufthansa, perusahaan induk Germanwings, telah mengonfirmasi bahwa Lubitz sempat istirahat terbang enam tahun lalu. Namun, dia kemudian lulus dalam semua tes psikologis dan fisik serta dianggap "100 persen fit untuk terbang". (Baca: Apa Motif Kopilot Germanwings Jatuhkan Pesawat?)

Sejumlah temannya mengatakan, Lubitz mengalami gangguan kesehatan enam tahun lalu, yang dijelaskan oleh salah seorang teman sebagai "kelelahan", tetapi dia telah pulih dan kemudian tampak sangat normal.

Selain itu, Lubitz juga diduga mengalami "krisis kehidupan pribadi". Pemuda Jerman itu disebut memiliki masalah hubungan pribadi dengan pacarnya, yang menyebabkan dia diprediksi terguncang akibat krisis personal yang mendalam. (Baca: Kopilot Germanwings Bermasalah dengan Pacarnya)

http://internasional.kompas.com/read...kaan.Terjad i

kejar setoran ya mas, sampe nyembunyiin surat sakit segala? matabelo1.gif



Link: http://adf.ly/1C69Oy

Blog Archive