Tuesday, March 24, 2015

Lee Kuan Yew Masih Bisa Berenang 25 Menit di Usia 89 Tahun


http://internasional.kompas.com/read...Usia.89.Tahun/

Siapa sangka Lee Kuan Yew di masa mudanya merupakan penggemar bir. Siapa juga yang tidak salut mengetahui Bapak Bangsa Singapura itu masih mampu berenang selama 20-25 menit di usianya hampir mencapai kepala sembilan.

Lee membagikan sekelumit kehidupan pribadinya di buku terakhirnya One Man's View Of The World yang diterbitkan tahun 2013 silam. Le, yang meninggal Senin (23/3/2015) pagi kemarin dalam usia 91 tahun, menceritakan bagaimana dia mengubah gaya hidupnya yang semula kurang sehat menjadi lebih sehat hingga hari tuanya.

Beliau bertutur, di masa mudanya hingga umur 30-an dia merupakan penggemar bir dan perokok. Lee kemudian akhirnya memutuskan berhenti merokok karena mengakibatkan dia kehilangan suara ketika berkampanye. Tentu saja ini sebelum riset medis menunjukkan merokok dapat memicu kanker paru-paru atau tenggorokan.

Lucunya, beliau malahan menjadi super alergi dengan asap rokok.

Sedangkan alasan berhenti minum bir cukup sederhana. Sering minum mengakibatkan perutnya membuncit dan terlihat tidak elok di gambar yang terlihat di koran. Sejak itu, pendiri Singapura tersebut rutin berolahraga, mulai dari bermain golf, berlari, hingga berenang

Di usianya yang sangat senja (89 ketika buku diterbitkan), Lee menceritakan dia masih rutin berolahraga setiap hari. Beliau sanggup berlari di treadmill 3 kali sehari, 12 menit di pagi hari, 15 menit setelah makan siang, dan 15 menit setelah makan malam.

Yang layak diacungi jempol juga beliau rutin berenang 20-25 menit sebelum makan malam.

Lee Senior menuturkan tanpa semua exercise itu, mustahil baginya untuk tetap fit di usia setua itu. Yang penting adalah disiplin, tegasnya. Dengan bangga beliau juga menambahkan di usia sesenja itu, dia masih sanggup sit up dan tidak menggunakan tongkat untuk berjalan.

Link: http://adf.ly/1BTnv4

Blog Archive