Sunday, March 15, 2015

Mengapa Indofood Sponsori Persib dan Bali Pusam tapi Tidak untuk Persija?


JAKARTA, TRIBUN – Sponsor menjadi bagian paling penting sebuah klub sepakbola dalam mencari dana dan mendongkrak keuangan klub sepanjang musim kompetisi. Contohnya adalah Persija Jakarta yang diketahui baru memiliki satu sponsor di bidang retail dan multifinance terkemuka di Indonesia, Columbia.

Dibandingkan dengan klub Persib Bandung, Macan Kemayoran tentu terbilang jauh dalam hal pencarian sponsor. Klub Maung Bandung kini sudah dibanjiri daftar sponsor sebagai penyokong dana.

Yang tengah menjadi sorotan, PT Indofood Sukses Makmur Tbk. sebagai produsen makanan dan minuman yang bermarkas di Jakarta kini mensponsori klub Persib Bandung dan Bali United Pusam. Pertanyaannya mengapa Indofood tak turut menjadi sponsor Persija yang notabene-nya klub Ibu Kota?

"Ya, kadang-kadang begitu, makanya tadi kita sampaikan dalam diskusi, Apa yang yang menjadi pembeda sehingga perusahaan seperti Indofood tidak aware? Mungkin ada beberapa hal, yang kita simpulkan kita tidak punya garansi," jawab Ketua Umum Jakmania, Richard Achmad Supriyanto di kantor Tribun Kompas Gramedia, Jakarta, Kamis (12/3/2015).

"Sama halnya kalau saya masuk ke kantor Tribun, siapa yang bisa kasih garansi saya masuk ke dalam? Kalau ngga ada teman-teman? Nah itu sama juga kalau mau masuk ke Indofood siapa yang akan jadi garansinya. Ini yang harus dicari," sambungnya.

Untuk itu, Ketum Jakmania periode 2014-2016 tesebut ingin supaya Persija mencari sisi stakeholder (pemangku kepentingan). Tujuannya untuk mencari sinergi klub sehingga mendapatkan garansi untuk masuk ke sebuah perusahaan.

"Makanya kita perlu membangun sebuah komitmen. Jadi harus ada Pemda, klub (anggota Persija), Jakmania, dan masyarakat profesionalnya. Ini yang harus disosialisasikan jika saja visinya sudah ketemu mudah-mudahan ada garansi yang kita cari," pungkas Richard. (*)

http://jabar.tribunnews.com/2015/03/...-untuk-persija

garansi gan

Link: http://adf.ly/1ABPMh

Blog Archive