Saturday, March 28, 2015

Poros Maritim Dunia ala Jokowi Klop dengan Jalan Sutra Maritim ala Presiden RRT


TRIBUNNEWS.COM - Indonesia dan Republik Rakyat Tiongkok merupakan kekuatan baru ekonomi pasar dunia yang saling melengkapi dan menguntungkan.
Konsep RRT tentang Jalan Sutra Maritim Abad Ke-21 yang digulirkan RRT dipandang sangat cocok dengan konsep Indonesia yang ingin membangun Poros Maritim Dunia.
Hal itu mengemuka dalam pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo dan Presiden Tiongkok Xi Jinping, Kamis (26/3) malam, di Balai Agung Rakyat, Beijing, Tiongkok, sebagaimana dilaporkan wartawan Kompas, C Wahyu Haryo.
"Kedua strategi ini harus disinergikan dan dimajukan bersama untuk mencapai kemakmuran bersama," kata Presiden Xi Jinping.
Pertemuan bilateral ini merupakan pertemuan kedua di antara dua pemimpin dalam kurun waktu kurang dari setengah tahun, sejak pertemuan terakhir mereka di sela-sela pertemuan Konfrensi Tingkat Tinggi APEC, November 2014, di Beijing. Pertemuan kali ini juga bertepatan dengan 65 tahun hubungan diplomatik RI-RRT.
Pada pertemuan tersebut, RI dan RRT sebagai kekuatan baru ekonomi pasar dunia, berkomitmen mendorong peningkatan kemitraan strategis komprehensif ke arah yang lebih konkret.
Selain menyusun rencana aksi bersama dalam peningkatan kerja sama selama lima tahun mendatang, kedua negara juga mematok target yang harus dicapai dalam beberapa tahun mendatang.
"Kita menyepakati untuk terus memperkuat kerja sama di bidang maritim, perdagangan, ekonomi, energi, pertanian, perikanan, dan infrastruktur. Kita juga akan mempercepat pembangunan kawasan industri terpadu," kata Xi Jinping.
"Dengan target yang jelas, kedua negara akan membuktikan kemitraan strategis yang komprehensif, sebagai kemitraan yang nyata dan konkret. Sekali lagi, kemitraan yang nyata dan konkret," kata Presiden Jokowi dalam pernyataan bersama, seusai pertemuan bilateral. (C Wahyu Haryo)
Baca Juga
Azis Syamsuddin Cs Bakal Deklarasikan Korps Alumni KNPI
Pesan Wayne Rooney Buat Harry Kane di Timnas Inggris
Metode Pembayaran BPJS Kesehatan Dihitung Bukan dari Peserta yang Berobat
KPK Periksa Politikus Demokrat Terkait Kasus Korupsi Dana Haji

Link: http://adf.ly/1C1GTE

Blog Archive