Saturday, March 28, 2015

Romo Benny: Ada Fenomena "Kepemimpinan Oplosan" di Pemerintahan Jokowi-JK


JAKARTA, KOMPAS.com — Ketegasan dan kewibawaan Presiden Joko Widodo dalam memimpin pemerintahan dipertanyakan. Sebab, ada sejumlah perintah Presiden Jokowi kepada bawahannya yang justru tidak dipatuhi.

Hal itu diungkap tokoh agama yang juga anggota Gerakan Dekrit Rakyat Indonesia, Romo Benny Susetyo, dalam diskusi bertajuk "Pak Jokowi, Rakyat Mulai Resah!" di Jakarta, Jumat (27/3/2015).

Benny melihat, ada pergeseran fenomena kepemimpinan di Indonesia yang terjadi secara masif.

"Saya menilai fenomena itu seperti 'fenomena oplosan'. Nah, budaya oplosan itulah yang kini sedang terjadi," ujar Benny.

Benny kemudian mencontohkan, ketika Presiden Jokowi memerintahkan kepada Polri untuk menghentikan upaya kriminalisasi terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi dan pendukungnya, hal itu justru tidak dilakukan. Sebaliknya, Polri menetapkan sejumlah aktivis antikorupsi sebagai tersangka.

Dalam hal lain, ketika Presiden Jokowi blusukan ke daerah, mantan Gubernur DKI Jakarta itu sempat membagikan traktor kepada para petani. Namun, belakangan, traktor-traktor yang telah didistribusikan itu justru ditarik kembali.

"Jadi, sebenarnya di dalam fenomena ini ada pertarungan ideologi dalam paradigma fungsional. Masyarakat diminta selalu bersabar, tetapi yang terjadi justru tidak sesuai realitas," katanya.

sumur  (nasional.kompas.com)

KOBOKAN pun sekarang bisa " dioplos " juga

Link: http://adf.ly/1C4WlM

Blog Archive