Tuesday, March 24, 2015

[Rusky News!] Rusia Lebih Berhak atas Krimea Dibanding Inggris atas Falkland


rusia-lebih-berhak-atas-krimea-dibanding
Militer Rusia ikut ambil bagian dalam perayaan satu tahun bergabungnya Krimea ke Rusia di Sevastopol, Krimea (Foto : Reuters)

MOSCOW   (news.okezone.com) - Anggota Parlemen Rusia, Alexei Pushkov mengkritik standar ganda yang diterapkan negara Barat, terutama Inggris kepada Rusia dengan menyebut kasus kepulauan Falkland yang dianeksasi Inggris dari Argentina. Hal itu, dikemukakan Pushkov menanggapi celaan Inggris atas aneksasi semenanjung Krimea.

"Perhatian untuk London: Krimea memiliki lebih banyak alasan untuk berada dalam kekuasaan Rusia daripada Kepulauan Falkland berada dalam kekuasaan Inggris," cuit Pushkov dalam akun Twitter-nya, seperti yang dilansir The Guardian, Senin (23/3/2015).

Cuitan Pushkov ini dilayangkan untuk menanggapi pernyataan Menteri Luar Negeri Inggris Phillip Hammond yang mengutuk aneksasi semenanjung Krimea dari Ukraina tahun lalu.

"Aneksasi Krimea adalah ilegal dan tidak sah pada Maret 2014, dan tetap ilegal dan tidak sah pada Maret 2015. Rusia harus mengembalikan Krimea kepada Ukraina," demikian isi pernyataan Hammond.

Kepulauan Falkland menjadi wilayah sengketa antara Inggris dengan Argentina. Pada 1982, Perang Falkland meletus untuk memperebutkan wilayah Falkland yang disebut dengan nama Malvinas oleh pihak Argentina. Perang tersebut menewaskan 900 orang prajurit dari kedua belah pihak.

Mirip dengan yang terjadi di Krimea, sengketa Falkland akhirnya diselesaikan dengan cara referendum pada Maret 2013 dengan hasil 99,8 persen penduduk Falkland memilih untuk berada di bawah pemerintahan Inggris. Hal ini, juga mirip dengan yang terjadi di Krimea di mana penduduk Krimea memilih bergabung dengan Rusia dengan jumlah suara 96,77 persen. Hasil referendum ini tidak diakui oleh Argentina dan tetap pada klaimnya bahwa Falkland adalah wilayah dari Argentina.

Presiden Argentina Cristina Kirchner tampaknya sependapat bahwa Rusia dan Inggris sama buruknya dalam sengketa mengenai Krimea dan Falkland. Dia mengatakan, pengambilalihan Krimea tidak lebih baik dari tindakan yang dilakukan Inggris di Falkland.

-------------------------------------------

Kembalikan crimea pada tartar! Kembalikan Crimean Khanate!

Link: http://adf.ly/1BWx1p

Blog Archive