Sunday, March 15, 2015

Tiongkok Menyambut Inggeris Gabungkan Diri dalam AIIB


Inggeris hari Kamis (12/3) secara resmi memohon untuk sebagai anggota pendiri bergabung dalam Bank Investasi Infrastruktu Asia AIIB yang disponsori oleh Tiongkok. Jubir Kemlu Tiongkok Hong Lei kemarin dalam jumpa pers menyatakan, Inggeris telah mengajukan surat konfirmasi kepada pihak Tiongkok dan Tiongkok menyambut keputusan pihak Inggeris tersebut.

Ini berarti bahwa Inggeris akan menjadi negara Barat penting pertama dalam anggota pendiri AIIB. Jurubicara Komite Keamanan Negara Gedung Putih AS baru-baru ini menyatakan, bahwa badan multilateral baru manapun hendaknya memanifestasikan standar tinggi Bank Dunia dan bank pembangunan regional. Berkenaan ini, Hong Lei menyatakan, AIIB akan dengan menaati prinsip terbuka, bertoleransi, transparan, bertanggung-jawab dan adil menangani struktur dan kebijakan operasionalnya, dengan sepneuhnya meminjam cara baik bank pembangunan multilateral yang ada sekarang, sementara juga menghindari jalan berliku-liku yang pernah ditempuh demi meningkatkan efisiensi dan menurunkan biaya. AIIB akan sepenuhnya bekerja sama dan saling melengkapi dengan bank pembangunan multilateral yang ada dan dengan lebih baik mengabdi kepada anggota dan mendukung pembangunan infrastruktur dan perkembangan ekonomi kawasan Asia.

Diberitakan, AS tengah membujuk dan mencegah sejumlah negara lain ikut serta dalam pembentukan AIIB. Hong Lei menunjukkan, AIIB tidak saja dapat membangkitkan ekonomi Asia, sementara juga akan membawa manfaat kepada berbagai negara di dunia. Pihak Tiongkok dengan sikap terbuka menyambut partisipasi berbagai pihak.

Ia mengatakan, didirikan dan diperasionalkannya AIIB sedini mungkin pasti akan dengan kuat mendorong pembangunan infrastruktur kawasan Asia, meningkatkan taraf perkembangan ekonomi Asia dan pasti akan mendorong lebih lanjut pembangunan bersama berbagai negara Asia. Ia tak pelak menguntungkan berbagai negara di dunia memperoleh lebih banyak kepentingan dari sebuah kawasan yang semakin maju.

AIIB merupakan lembaga pembangunan infrastruktur khusus untuk Asia yang disponsori Tiongkok dan bermarkas besar di Beijing. Menurut penjelasan, tanggapan masyarakat internasional kini pada pokoknya positif dan banyak negara berharap menjadi anggota pendirinya dan proses perancangan tengah berjalan dengan lancar. Pada tanggal 24 Oktober 2014, 21 anggota pendiri gelombang pertama AIIB antara lain Tiongkok, India dan Singapura di Beijing menandatangani MoU Perancangan Pembentukan AIIB dan setelah itu negara-negara lain seperti Indonesia dan Selandia Baru juga bergabung. Menteri Keuangan Tiongkok Lou Jiwei pada tanggal 6 bulan ini menyatakan bahwa sejauh ini 27 negara menyatakan ingin berpartisipasi dalam AIIB dan menjadi anggota pendirinya.

Tiongkok Menyambut Inggeris Gabungkan Diri dalam AIIB  (indonesian.cri.cn)
US anger at Britain joining Chinese-led investment bank AIIB   (www.theguardian.com)

Link: http://adf.ly/1AAfZj

Blog Archive