Monday, March 30, 2015

(Walah masih dicari) Pemerintah akan cari cara turunkan harga-harga


Pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) premium dan solar menjadi masing-masing Rp 7.300 per liter dan Rp 6.900 per liter. Kenaikan BBM ini akan berdampak pada kenaikan harga pangan dan kebutuhan lainnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofjan Djalil mengatakan untuk meredam kenaikan harga, pemerintah perlu melakukan pembenahan struktur pasar. Struktur pasar perlu dilakukan karena jika harga BBM naik maka harga barang ikut naik. Sedangkan jika harga BBM turun, harga barang tidak ikut turun.

Menurutnya, struktur pasar Indonesia tidak cukup sehat dengan masih banyaknya praktik oligopoli. "Struktur pasar ini yang harus dibereskan tapi perlu waktu karena sudah lama sekali," ujarnya, Senin (30/3).

Cara mengatasi hal ini pemerintah akan memperkuat peran Badan Urusan Logistik (Bulog). Sementara itu, pemerintah juga akan memperkuat Undang-undang Anti Monopoli.

Ia menambahkan, negara tetangga Indonesia yaitu Filipina inflasinya lebih rendah dari Indonesia. Padahal, negara tersebut juga adalah negara kepulauan. "Selama ini kita terlalu tinggi karena struktur pasar," terangnya.

http://nasional.kontan.co.id/news/pe...an-harga-harga

Itulah klo paradigmanya kerja kerja kerja...akhirnya kerjanya cm kek pemadam kebakaran. Ada kebakaran dulu baru kerja. Ga ada kajian awal, ga ada riset, ga tau apa yg mo diantisipasi, ga tau apa yg mo dikejar. Akhirnya ga pnya konsep perencanaan yg matang. Klo kepepet ditanya wartawan, ujungnya nyalahin rakyat

Link: http://adf.ly/1CNtz9

Blog Archive