Monday, March 16, 2015

[WELEH-WELEH !] Menko Sofyan Mengaku Lupa Laporkan Harga Beras


Ditegur Jokowi, Menko Sofyan Mengaku Lupa Laporkan Harga Beras

Rimanews – Menko Perekonomian Sofyan Djalil mengaku dirinya lupa melaporkan kabar baik penurunan harga beras kepada Presiden Joko Widodo. Tidak adanya laporan tersebut sebelumnya telah membuat Jokowi kecewa.

"Selama ini kita anggap penurunan harga beras itu merupakan sebuah berita baik jadi lupa kita laporkan, sekarang kita harus melaporkan berita apapun baik naik atau turun harga beras," ujar Sofyan Djalil usai rapat rapat terbatas di Istana Bogor, Minggu (15/3/2015) malam.

Dalam rapat terbatas tersebut, Jokowi menyampaikan rasa kecewanya karena tidak mendapatkan laporan tentang perkembangan harga beras. Sebelumnya, harga beras sempat melonjak tajam sehingga memaksa pemerintah melakukan operasi pasar besar-besaran.

"Kemarin saya cek sendiri melalui orang saya, dan hasilnya akan disampaikan. Ini terbalik, seharusnya saya mendapat laporan," ujar Presiden Joko Widodo di depan sejumlah menteri dan kepala instansi terkait.

Jokowi mengatakan bahwa setelah hasil operasi pasar dan pengelontoran raskin yang dilakukan kira-kira tiga minggu yang lalu, hingga saat ini belum ada laporan harga di pasar kepada dirinya.

"Biasanya saya yang mendapatkan laporan, tapi kali ini saya yang akan melaporkan hasilnya," ujar Jokowi.

Berdasarkan hasil pemeriksaan pasar yang dilakukan baru-baru ini harga beras di Pasar Cipinang untuk jenis IR3 yang tadinya Rp7.800 dan mengalami kenaikan harga hingga Rp9.300 per kiligramnya, sekarang menjadi Rp7.900.

Sedangkan untuk beras jenis IR2 yang sebelumnya seharga Rp7.300 dan mengalami kenaikan hingga Rp10.300 sekarang menjadi Rp8.300 per kilogram.

Namun, menurut Sofyan, operasi pasar masih akan terus dilakukan untuk memantau harga beras di pasar yang masih dianggap tinggi.

Dalam kesempatan tersebut, Sofyan juga mengatakan bahwa pemerintah telah menentukan harga gabah dan akan diumumkan paling cepat satu minggu lagi.

"Harga gabah sudah didapat dan akan diumumkan minggu-minggu ini," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil usai rapat terbatas tersebut.



http://ekonomi.rimanews.com/bisnis/read/20150316/201842/Ditegur-Jokowi-Menko-Sofyan-Mengaku-Lupa-Laporkan-Harga-Beras

Link: http://adf.ly/1AECrK

Blog Archive