Monday, April 20, 2015

(Beda lagi) Pertamina Tegaskan Tak Hapus Premium, Tapi Tambah Varian BBM Baru


Pertamina Tegaskan Tak Hapus Premium, Tapi Tambah Varian BBM Baru

Jakarta -PT Pertamina (Persero) menegaskan pada Mei 2015 tidak akan menghapus Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis RON 88 atau Premium. Pertamina hanya akan menambah alternatif BBM dengan jenis RON 90 atau yang diberi nama Pertalite.

"Tidak menghapus Premium, tapi menambah varian produk. Kenapa kami launching saat ini, kita balancing dengan Tim Reformasi Tata Kelola Migas," kata Vice President Fuel Marketing Pertamina, M Iskandar dalam acara Diskusi Energi Kita di Restoran Bumbu Desa, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (19/4/2015).

Iskandar mengatakan, beberapa alasan‎ Pertamina melakukan kebijakan ini adalah ingin memenuhi persyaratan mesin yang diusulkan boleh pihak produsen otomotif. Selain itu juga untuk memenuhi rekomendasi dari Tim Reformasi Tata Kelola Migas.

‎"Ini kita memenuhi persyaratan dari produsen otomotif. Jadi Pertamina goal-nya bukan untuk menghapus Premium. Satu sisi kita punya rekomendasi yang harus kita lakukan, untuk memenuhi rekemendasi dari Tim Reformasi," tuturnya.

‎Iskandar mengatakan, pihak Pertamina tidak akan menambah dispenser khusus di SPBU untuk mengakomodasi jenis BBM baru ini. Pertalite akan ditempatkan di dispenser yang telah ada, menyatu dengan Premium atau Pertamax.

‎"Kita memanfaatkan dispenser yang ada saja. Premium atau Pertamax dikurangi, itu nanti dikasih Pertalite. Yang jelas nanti akan ekonomis, ramah lingkungan," tuturnya.

Sebagai langkah awal, lanjut Iskandar, Pertalite akan dipasarkan di Jakarta Pusat. "Mei ini kalau memang kita punya target untuk launching itu Jakarta Pusat dulu," ujarnya.

Iskandar mengatakan, bila Pertalite bisa diterima masyarakat maka secara bertahap impor BBM RON 88 atau Premium akan dikurangi.

"Kita kurangi impor RON 88 yang penting, kalau pasar merespons bagus. Dengan harga yang bagus ini kita harap responsnya bagus," tuturnya.
(zul/hds)


http://finance.detik.com/read/2015/0...arian-bbm-baru




hebat ya... pertamina aja bisa beda pendapat


padahal beberapa hari yg lalu

Siap-siap, Bulan Depan Pertamina Mulai Hapus Bensin Premium di SPBU

Jakarta -PT Pertamina (Persero) mulai Mei tahun ini, secara bertahap akan menghapus bensin premium di SPBU. Langkah awal dimulai pada SPBU di pusat kota besar. Pertamina telah menyiapkan bensin khusus sebagai pengganti premium.

"Secara bertahap, di pusat-pusat kota, tidak ada lagi premium. Kita akan ganti dengan bahan khusus yang kualitasnya di atas premium, RON-nya lebih tinggi, tapi harganya masih di bawah Pertamax RON 92," ujar Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang kepada detikFinance, Kamis (16/4/2015).

Bambang mengungkapkan, langkah ini akan dimulai pada Mei 2015, dan harganya agak naik sedikit tapi lebih murah dari Pertamax RON 92.

"Kita mulai Mei ini, nama dan logo pengganti premium sedang dalam proses pembuatan. Harganya akan lebih mahal sedikit dibanding premium, tapi pasti di bawah Pertamax 92," ungkapnya.

Ia menambahkan, bahan bakar baru ini akan menjadi salah satu pilihan baru bagi masyarakat, serta sebagai upaya Pertamina secara bertahap menghapus premium.

"Bahan bakar baru ini akan memberi pilihan ke masyarakat, serta transisi dari premium ke yang lebih baik sebelum ke RON 92," tutupnya.

Seperti diketahui, Menteri ESDM Sudirman Said memberi waktu selambat-lambatnya dua tahun kepada PT Pertamina untuk menghapus premium RON 88. Sehingga pada 2017 nanti tidak ada lagi premium yang dijual di SPBU. Apalagi di pasar minyak internasional, hampir tidak ada lagi yang memproduksi atau menjual premium alias gasoil RON 88.


(rrd/dnl)

http://finance.detik.com/read/2015/0...remium-di-spbu

Link: http://adf.ly/1FPxjM

Blog Archive