Sunday, April 5, 2015

Bekasi Raih Penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah Terbaik


BEKASI, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, berhasil memperoleh penghargaan sebagai salah satu daerah yang memiliki perencanaan pembangunan terbaik pada 2015. Bekasi mendapat penghargaan ketiga terbaik setelah Kabupaten Garut dan Kabupaten Bekasi.

"Kami bersyukur atas diraihnya Anugerah Pangripta Nusantara dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo," kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Bekasi, Minggu (5/4/2013). Penghargaan diterima Rahmat didampingi jajaran pemerintah kota Bekasi pada 2 April lalu.

Nama penghargaan yang diterima adalah Pangripta Nusantara. Penghargaan ini diberikan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang dinilai sukses meningkatkan kualitas pembangunan daerah.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bekasi Jumhana Luthfi menambahkan, Kota Bekasi memiliki rancangan pembangunan tahap menengah 2014-2018. Pada 2014, pembangunan difokuskan pada penataan kelembagaan. Pada 2015 Pemkot fokus membangun pelayanan dasar.

Pada 2016 pembangunan diarahkan pada infrastruktur dan utilitas. Pada 2017 Pemkot Bekasi mencanangkan tahun investasi dan perekonomian daerah. Sementara, pada 2018 Pemkot merancangnya sebagai tahun inovasi dan kreativitas.

"Setiap tahun, porsi APBD akan lebih besar untuk skala prioritas kegiatan tersebut," kata Jumhana.

Citra buram

Selama ini, asosiasi Kota Bekasi di mata publik identik dengan citra buram yaitu lemahnya penataan kota. Impresi bernada negatif ini tercermin dalam jajak pendapat Kompas yang dilakukan awal Maret dengan responden warga di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Hampir separuh responden di luar Kota Bekasi mengungkapkan kata "macet" sebagai kesan pertama mereka terhadap kota yang telah berumur 18 tahun ini. Anggapan paling banyak kedua dari masyarakat di sekitar Kota Bekasi, daerah seluas 210,49 kilometer persegi ini, adalah wilayah yang kurang rapi.

Baca: Berharap Citra Kota Bekasi Tak Bikin Risi

Warga Kota Bekasi pun memiliki kesan yang hampir serupa. Dua dari tiga responden yang berasal dari wilayah ini menjawab jalanan yang macet ketika ditanya impresi terhadap kota mereka sendiri. Selain kemacetan, Bekasi juga dianggap sebagai daerah rawan kejahatan oleh warganya sendiri.

http://megapolitan.kompas.com/read/2...campaign=Kknwp  (megapolitan.kompas.com)

selamat buat warga bekasi

Link: http://adf.ly/1DRT2s

Blog Archive