Saturday, April 4, 2015

[Berita Asuu!!!] Pecinta Hewan di Jogja Demo Tolak 'Tongseng Asu'


Pecinta Hewan di Jogja Demo Tolak Tongseng Asu

Yogyakarta, - Puluhan aktivis yang tergabung dalam Animal Friends Jogja (AFJ) menggelar aksi unjuk rasa untuk menolak anjing sebagai santapan. Aksi ini digelar di titik nol kilometer Yogyakarta Sabtu (4/4/2015).

Massa menyebut pembuhunan anjing untuk dijadikan makanan merupakan bentuk kekejaman. Cara membunuhan anjing sebelum di masak juga dianggap sangat brutal.

"Dalam proses menjadikan anjing sebagai santapan juga terjadi kekejaman terhadap anjing. Konsumsi anjing untuk santapan masih cukup tinggi,"kata korlap aksi Angelina Pane di lokasi.

Selain itu anjing yang dikonsumsi dianggap bisa menyebarkan rabies karena berasal dari wilayah yang belum bebas rabies. Menurutnya dari hasil penelitian yang dilakukan para aktivisi ini, Indonesia tidak akan bisa bebas rabies pada tahun 2020 tanpa langkah-langkah nyata. Kondisi ini bisa lebih buruk dengan adanya penyebaran anjing yang tak terkendali apalagi sampai dijadikan santapan.

"Rabies akan menyebar ke wilayah-wilayah yang telah dinyatakan bebas rabies," katanya.

Menurut para aktivis AFJ ini perburuan hewan anjing untuk dijadikan santapan sangat berbahaya. Pasalnya perdagangan anjing untuk konsumsi manusia menjadi salah satu penyebab terbesar penyebaran rabies.

Dalam aksinya, mereka membawa boneka potongan kepala anjing dan boneka anjing lainya. Ada juga yang membawa hewan anjing peliharaannya serta membawa poster bertuliskan 'Jogja Menolak Sengsu.' Sengsu merupakan kepanjangan dari tongseng asu (tongseng anjing). Aksi diawali dari jalan Malioboro Yogya kemudian longmarch menuju titik nol kilometer Yogyakarta .  (news.detik.com)

silahkan komen ya su..

Link: http://adf.ly/1DDJow

Blog Archive