Sunday, April 5, 2015

(best of 86)Operasi Simpatik 2015, Oknum Polisi Coba Palak Sopir?




MAKASSAR - Operasi Simpatik 2015 sudah berjalan sejak 1 April lalu yang rencananya akan digelar hingga 21 hari ke depan. Operasi ini dimaksudkan untuk mengantisipasi kejahatan di jalan raya dan penertiban perlengkapan kendaraan. Namun ironisnya, operasi ini diam-diam hendak dimanfaatkan oleh oknum polisi bermental pemeras.

Jabal, (40), salah seorang sopir angkutan umum yang beroperasi rute Makassar – Pinrang nyaris kena apes. Pasalnya, dalam perjalanannya menuju kota tujuan, Sabtu (4/4/2015), seorang anggota polisi bermaksud memerasnya di tengah-temgah pelaksanaan Operasi Simpatik yang digelar di Kotamadya Pare-pare, salah satu daerah yang dilintasi sebelum tiba di Kabupaten Pinrang.

Awalnya, semua kendaraan roda empat dan roda dua diminta menepi di jalan. Tampak di sekitar titik operasi terpampang papan petunjuk bertuliskan Operasi Simpatik 2015. Masing-masing anggota polisi mendekati kendaraan yang hendak diperiksa.

Termasuk mobil yang dibawa Jabal yang berada sedikit jauh dari kendaraan lainnya. Yang mendekati mobil Jabal hanya satu anggota polisi berseragam namun mengenakan jaket sehingga papan namanya tidak tampak.

Dengan percaya diri, Jabal kemudian menunjukkan semua dokumen karena dirasanya semua lengkap. Gestur polisi yang mendekati itu tampak tidak serius. Meski tangannya sibuk membolak lipatan-lipatan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) tapi pandangan matanya ke arah Jabal dan sesekali mengarah ke rekan polisi di kejauhan. Jabal yang sudah tahu maksud sang polisi ini langsung mengelak.

"Maaf tidak ada uang pak, ini lagi kurang penumpang," ujar Jabal.

Beberapa menit anggota polisi itu berdiri di hadapan Jabal, bicara seolah menggumam, tetapi Jabal bertahan tidak keluarkan uang selembar pun. Akhirnya anggota polisi beranjak setelah menyerahkan STNK Jabal.

"Sampai kapanpun saya tidak mau kasih uang ke polisi. Surat-surat ku lengkap," kata Jabal.

Dia menambahkan, itu polisi-polisi kalau mau palak uang di jalan mereka bisa minta ke sopir-sopir mobil berplat hitam yang mengangkut penumpang karena mobil plat hitam yang mengambil penumpang dan leluasa masuk kota itu jelas-jelas pelanggaran.
(fid)


http://news.okezone.com/read/2015/04/05/340/1129219/operasi-simpatik-2015-oknum-polisi-coba-palak-sopir-8236

sayang ya gak ada yang ngerekam

Link: http://adf.ly/1DM1cl

Blog Archive