Thursday, April 23, 2015

[ Cahaya Asia ] Jokowi: Hilangkan Dominasi Satu Kelompok dalam Ekonomi Dunia


Jokowi: Hilangkan Dominasi Satu Kelompok dalam Ekonomi Dunia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan perlunya reformasi arsitektur keuangan dunia, dengan menghilangkan dominasi suatu kelompok negara atas negara lain.

Seperti dikutip dari situs Kementerian Keuangan, Kamis, 23 April 2015, hal tersebut dsampaikan Jokowi dalam pembukaan Peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika (KAA) yang diselenggarakan di Jakarta, kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menegaskan negara-negara Asia-Afrika juga harus turut serta dalam pengelolaan ekonomi dunia, dan memiliki kewajiban untuk membangun sebuah tatanan ekonomi dunia baru.

Reformasi keuangan global tersebut, lanjutnya, harus dapat memberikan pengakuan dan ruang bagi kekuatan-kekuatan ekonomi baru, serta membuang anggapan bahwa masalah ekonomi dunia hanya dapat diselesaikan oleh Bank Dunia, Dana Moneter Internasional, maupun Bank Pembangunan Asia.

Menurut Jokowi, saat ini hanya sekitar 20 persen dari negara-negara di dunia ini yang dapat menikmati kekayaan, selebihnya tidak. Oleh karena itu, saat ini dunia memerlukan kepemimpinan global yang kolektif, yang dijalankan secara adil dan bertanggungjawab.

Ia menegaskan, Indonesia sebagai kekuatan ekonomi baru yang sedang bangkit, sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia siap memainkan peran global sebagai kekuatan bagi perdamaian dan kesejahteraan.

"Indonesia siap bekerja sama dengan semua pihak untuk mewujudkan cita-cita mulia itu," tandas Jokowi.

kobokan 

cahaya asia sekali presiden ini

Link: http://adf.ly/1FgYsK

Blog Archive