Wednesday, April 22, 2015

Dirut Pertamina: Petral Segera Dibubarkan


Dirut Pertamina: Petral Segera Dibubarkan

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto menyatakan tengah mempersiapkan pembubaran anak usaha yakni Pertamina Energy Trading Limited (Petral).

Diharapkan pada tahun ini fungsi pengadaan baik minyak mentah maupun produk bahan bakar minyak (BBM) oleh Petral bisa digantikan oleh anak usaha baru Pertamina. " Ya (bisa tahun ini Petral dibubarkan)," kata Dwi ditemui di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu (22/4/2015).

Ketika ditanya apakah pembubaran Petral bisa dilakukan pada paruh pertama 2015, Dwi mengatakan akan dilakukan sesegera mungkin. Sejauh ini pihak Pertamina melakukan evaluasi keberadaan Petral.

Dwi mengatakan, pada awalnya Petral berfungsi untuk memasok crude oil dan produk BBM ke Pertamina. Dalam perkembangannya, setelah fungsi Petral ini digantikan langsung oleh unit usaha Pertamina, Integrated Supply Chains (ISC), tentu posisi Petral tidak seperti dahulu ketika dibentuk.

" Pertamina akan mengambil aset-aset (Petral) yang ada. Dan aset-aset ini ke depan akan kita kembangkan sesuai dengan visi Pertamina ke depan menjadi The Real International Trading. (Unit usaha baru) Nantinya tidak lagi menjadi trading arm bagi Pertamina di portofolionya," jelas Dwi.

Nantinya, pengadaan crude oil dan produk BBM akan dikelola langsung oleh anak usaha baru Pertamina, di bawah Pertamina. Unit usaha Pertamina yang akan dikembangkan untuk menggantikan peran Petral yakni Pertamina Energy Services (PES).

"Kita harapkan PES ini yang bisa dikembangkan untuk menjadi anak usaha Pertamina secara internasional," pungkas Dwi .  (bisniskeuangan.kompas.com)

menurut agan2 gmn tuh..

Link: http://adf.ly/1FbJzw

Blog Archive