Friday, April 17, 2015

Gudang Ilegal di Belawan Digrebek | Puluhan Ton Pupuk Non Subsidi dan Minyak Disita


BELAWAN | Aparat gabungan TNI dan Polri menggrebek sejumlah gudang penimbunan barang, yang diduga beroperasi ilegal di enam titik lokasi di Kecamatan Medan Belawan, (9/4/2015).

Dalam operasi penertiban terhadap tindakan aksi ilegal itu, diamankan barangbukti di antaranya 30 ton pupuk, 2,7 ton crude palm oil, ratusan tabung gas elpiji 3 kg dan 12 kg dan lainnya.

Selain itu, petugas juga memboyong 20 orang pekerja gudang tersebut ke Mapolres Pelabuhan Belawan, guna menjalani pemeriksaan.

Dari lokasi penggerebekan di gudang minyak kawasan Kampung Salam Kelurahan Belawan I, petugas gabungan awalnya mendapati gudang berpagar Seng tersebut dalam keadaan tertutup.

Karena kondisinya terkunci, sehingga petugas berseragam dan senjata lengkap akhirnya mendobrak paksa. Saat digeledah ditemukan tumpukan ratusan karung pupuk berlabelkan pupuk pusri non subsidi.

Di antara pupuk itu sudah dimuat ke bak satu unit truk colt diesel. Bahkan di dalam gudang yang berdiri satu unit rumah pondok itu disita ratusan cover karung label non subsidi.

Di sekitar areal gudang seluas setengah hektar itu, juga didapati puluhan drum minyak cpo.

Tidak hanya itu terdapat sejumlah jeriken dan kaleng berisi BBM jenis solar dan bensin berikut sejumlah perangkat mesin peralatan, yang diduga hendak diselewengkan pengelola gudang.

Terhadap penemuan pupuk non subsidi ini, Kapoldasu Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo didampingi Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Aswin Sipayung menyatakan, modus operandi pelaku yakni dengan menukar cover pupuk subsidi dengan cover karung non subsidi.

Tujuannya pupuk subsidi yang disulap karungnya itu dapat dijual kepada pengusaha dengan harga yang tinggi. Akibat aksi ini negara dirugikan dua kali.Pasalnya selain petani sukar mendapat pupuk, juga berdampak kelangkaan dan mahalnya harga pupuk di pasaran.

Sedangkan sejumlah BBM yang turut diamankan, merupakan penimbunan liar yang akrab disebut siong minyak. Dimana pengelola gudang membeli BBM tersebut dari truk tangki yang melintas lewat 'kencing' dalam gudang. http://bareskrim.com/2015/04/17/guda...minyak-disita/

Link: http://adf.ly/1FBJPY

Blog Archive