Monday, April 6, 2015

Ini Alasan Jokowi Batal Lantik BG ke DPR


Ini Alasan Jokowi Batal Lantik BG ke DPR
POJOKSATU. id   (pojoksatu.id), JAKARTA – Setelah sekian lama ditunggu, akhirnya Presiden Joko Widodo mendatangi DPR untuk menjelaskan alasan kenapa dirinya tidak melantik Komjen Budi Gunawan menjadi Kapolri. Padahal Budi Gunawan sudah disetujui DPR.

Dalam konferensi pers usai bertemu DPR, Jokowi mengungkapkan isi pembicaraannya dengan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat dan pimpinan fraksi di Kompleks Parlemen, Senin siang (6/4) .

Jokowi menuturkan, pada bulan Februari sudah mengirimkan surat kepada pimpinan DPR. Di dalam surat itu, dia pun menjelaskan alasan memilih calon Kapolri baru yakni Komjen Badrodin Haiti.

"Saya menjelaskan tadi mengenai alasan tidak dilantiknya Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri, yaitu mengingat bahwa pencalonan Komjen BG sebagai kapolri menimbulkan perdebatan di masyarakat. Dan dalam rangka menciptakan tatanan di masyarakat serta kepolisian RI, kami ajukan Kapolri yang baru," kata Jokowi dalam jumpa pers bersama Ketua DPR Setya Novanto usai pertemuan.

Jokowi juga menjelaskan alasan sosiologis dan juga alasan yuridis mengenai pembatalan tersebut. Meskipun penjelasannya singkat.

Kemudian Jokowi menyinggung soal penyerapan anggaran yang kini sudah cukup baik. Dia menyebut, penyerapan anggaran dari mulai 1 Januari-31 Maret 2015 mencapai 18,5 persen. Jumlah itu lebih baik dibandingkan periode yang sama setahun sebelumnya yakni 15,5 persen. Namun, Presiden menginginkan agar penyerapan bisa terus meningkat.

Pertemuan tersebut menurut Jokowi, sebagai pertanda baik untuk membangun sinergi antar pemerintah. Ia berharap pertemuan tersebut bisa memeberi dampak positif terhadap kinerja masing-masing, baik pemerintah maupun parlemen.

Pada pertemuan tersebut, Jokowi didampingi Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Tedjo Edhi Purdijatno, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. (ina/ril)

SUMUR  (pojoksatu.id)

Owhhhh

Link: http://adf.ly/1DeVmL

Blog Archive