Wednesday, April 1, 2015

Jimly : PPP dan Golkar Harus Islah Jika Ingin ikut Pilkada


Jakarta, Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshidiqie menyatakan konflik partai politik seperti yang terjadi di PPP dan Golkan bisa terancam tidak dapat ikut dalam pilkada serentak tahun ini.

Persiapan pilkada serentak, DKPP sudah melakukan koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun, ada yang jadi persoalan, yakni partai-partai politik yang saat ini tengah mengalami sengketa, seperti PPP dan Golkar.

"Masalah penting adalah terkait dengan konflik partai politik," kata Jimly, di Jakarta (1/4/15).

Menuruntnya salah satu opsinya, KPU perlu meningkatkan standar integritas. Bukan hanya terkait integritas penyelenggara pemilu, tapi juga integritas peserta pemilu, dan integritas parpol pengusung pasangan calon.

Dalam diskusi dengan Presiden Jokowi, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu menyarankan agar PPP dan Golkar segera islah. Jika tidak, bisa terancam tak ikut pilkada serentak.

"Kita harap pengadilan segera ambil keputusan sebelum penetapan pasangan calon. Seandainya tidak, ada kemungkinan partai yang konflik tidak bisa memenuhi syarat untuk mengajukan pasangan calon," terangnya.(bai)

cahaya.co  (cahaya.co)

Link: http://adf.ly/1CeWBt

Blog Archive