Monday, April 6, 2015

Jokowi bisa swasembada gula 3 tahun, politisi PAN rela potong jari


Merdeka.com - Anggota Komisi VI DPR-RI Nasril Bahar meragukan kemampuan pemerintahan Jokowi mewujudkan target swasembada gula dalam tiga tahun mendatang.

Saking ragunya, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu sampai berani mempertaruhkan kelingkingnya untuk dipotong. Jika swasembada gula terealisasi sesuai target waktu.

"Hari ini saya pertaruhkan jari kelingking saya jika kita bisa swasembada gula selama 3 tahun," ujar dia dalam rapat kerja Komisi VI DPR-RI bersama Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perindustrian Saleh Husin, dan Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Jakarta, Senin (6/4).

Sejak digaungkan sebelas tahun lalu, menurut Nasril, swasembada gula belum pernah sekalipun terwujud. Ini membuatnya yakin Jokowi bakal melanjutkan ketidakbecusan pemerintah sebelumnya dalam mewujudkan swasembada gula.

"Benar pak, sudah dari 2004 kami bahas gula di komisi ini. Tapi mana, belum juga berhasil," katanya. "Apakah benar statement Jokowi itu bisa diterapkan oleh Menteri-menterinya?"

Atas dasar itu, dia mendorong komisi untuk membentuk panitia kerja (panja). Tujuannya memperbaiki regulasi guna mendukung swasembada gula.

"Sehingga kementerian-kementerian ini dapat berkoordinasi dengan baik."

Dalam kesempatan sama, Rini Soemarno mengatakan pemerintah bakal membangun lumbung pangan atau food estate di Merauke guna mewujudkan swasembada pangan.

"Memang kami sedang memikirkan bagaimana bisa mengembangkan area yang besar dengan memulai membangun pertanian di sana, jadi tim sudah ke sana melalukan survey lahan," ujarnya.

Rini berencana bakal membawa petinggi sejumlah BUMN--PT Pupuk Indonesia, PT Sang Hyang Seri, PT Pertani dan PT Perkebunan Nusantara-- untuk mengunjungi lokasi tersebut. Rini juga melihat wilayah lain juga memiliki potensi untuk dijadikan lumbung pangan.

"Kami melihat di beberapa tempat pengembangan food estate seperti di Merauke dan kami juga harus membuat alternatif-alternatif bagaimana kita bisa mencapai tujuan untuk swasembada pangan, baik di jagung, beras, kedelai, gula, kita juga harus lihat kemungkinan di beberapa tempat."

http://www.merdeka.com/uang/jokowi-bisa-swasembada-gula-3-tahun-politisi-pan-rela-potong-jari.html

catet ye gan namanya... mudah2an bener soal anuan ini


Link: http://adf.ly/1DfiHe

Blog Archive