Sunday, April 26, 2015

Jokowi: Siapa bilang Pidato KAA itu bukan dari Saya?


Jokowi: Isi Pidato di KAA dari Saya
Minggu, 26 April 2015 , 16:13:00 WIB

RMOL. Pidato Presiden Jokowi di Konferensi Asia Afrika lalu banyak menulai pujian. Jokowi mengklaim, ide pidato tersebut berasal dari dirinya, tapi susunannya dilakukan oleh tim.

"Isi-isinya dari saya. Isinya apa saja dari saya," ucap Jokowi saat akan bertolak ke Malaysia di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (26/4).

Jokowi ke Malaysia dalam rangkat menghadiri KTT ASEAN yang akan dibuka besok.

Jokowi tidak tahu siapa saja tim yang menyusun pidato tersebut. Yang jelas, poin-poin di pidato itu berasal dirinya.

Nggak ngerti saya (tim yang menyusun). Kalau yang buat, ya masa saya buat sendiri. Isi dan konten dari saya," imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan Luhut Panjaitan bilang, pidato tersebut disusun oleh tim. Di antaranya Mensesneg Pratikno, Seskab Andi Widjajanto, dan difinalisasi oleh staf khusus Menteri Bapennas Sukardi Rinakit.
http://politik.rmol.co/read/2015/04/...KAA-dari-Saya-


Pamer Sebagai Penulis Pidato Jokowi, Andi Widjajanto Dianggap Lecehkan Jokowi
Kamis , 23 April 2015 10:51

JAKARTA – Sikap Sekretaris Kabinet (Seskab), Andi Widjajanto yang pamer dengan mengaku bahwa dirinya beserta beberapa orang lainnyalah yang menyusun pidato hebat Presiden Joko Widodo saat membuka Konferensi Asia Afrika (KAA) di Jakarta Convention Center (JCC), kemarin menuai kritik.

Memang Pidato Jokowi tersebut cukup menuai pujian dari sementara kalangan. Ada yang menilai pidato Jokowi tegas dan cukup hebat. Namun, semua itu seolah-olah termentahkan dengan pernyataan Andi. Andi seolah-olah telah merendahkan martabat Jokowi sebagai kepala Negara.

Itu diungkapkan ekonom senior Dradjad H Wibowo. Menurutnya, kehebatan pidato Jokowi bisa diuji dengan kriteria-kriteria obyektif tentang pidato yang hebat. Misalnya terkait dengan substansinya, nilai bobot pesan yang disampaikan, diksi yang dipilih, ataupun keberadaan memorable quotes. Kehebatan pidato juga bisa dinilai dari dampaknya, seperti apakah menggerakkan hati dan pikiran pendengar atau tidak, serta apakah berdampak untuk waktu yang cukup lama atau tidak.

Namun terlepas dari itu, yang menjadi perhatian Dradjad adalah terkait dengna pengakuan Andi ini sangat tidak lazim. Dengan pengakuan ini, Andi seakan-akan menyampaikan pesan bahwa tim pembuat pidato lah yang hebat.

"Dan secara tidak langsung ini merendahkan Presiden. Penyataan Andi membuat saya geleng-gelang kepala," kata Dradjad beberapa saat lalu (Kamis, 23/4).
http://fajar.co.id/nasional/2015/04/...an-jokowi.html


Meng-klaim penulis Pidato Jokowi di KAA:
Andi Widjajanto Layak Reshuffle?
Jumat, 24 April 2015 , 11:45:00

Jokowi: Siapa bilang Pidato KAA itu bukan dari Saya?
Andi Widjajanto

JAKARTA - Rumor reshuffle kabinet belum mereda. Banyak pihak menilai, di momen enam bulan pemerintahannya ini Joko Widodo dan Jusuf Kalla patut melakukan perombakan kabinet.

"Ini adalah momen yang tepat (reshuffle)," kata anggota DPD asal Sumut, Dedi Iskandar Batubara, seperti dikutip dari RMOL, Jumat (24/4).

Dedi mengatakan, Presiden Jokowi pasti sudah mengantongi siapa menterinya yang layak dipertahankan, atau mana yang tidak maksimal, atau bahkan mana yang tidak bisa apa-apa.

"Salah satu yang layak di-reshuffle adalah Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto. Sekarang banyak pihak menilai, Andi adalah penyusup di Istana. Andi kerap menjadi sorotan akibat penyataan-pernyataannya yang dianggap blunder, dan bisa membahayakan Presiden Jokowi," tuturnya.

Dedi mengungkap kekesalan terhadap Andi, soal pidato Presiden Jokowi saat membuka KAA. Pidato Jokowi banyak mendapat pujian.

"Namun pada hari itu juga, Andi malah membeberkan yang menulis pidato tersebut adalah dirinya bersama tim yang disebut Tim Substantif, antara lain Luhut Panjaitan, Rizal Sukma dan Sukardi Rinakit. Ya, orang semua tahu, yang menulis pidato presiden adalah staf. Tapi nggak boleh donk disebutkan ke publik. Ini seoalah-olah menunjukkan Andi dan tim-lah yang hebat, bukan Jokowi," sesal Dedi
http://www.jpnn.com/read/2015/04/24/...ayak-Reshuffle

------------------------------

Percoyo, pak ..aku percoyoooo ....




Link: http://adf.ly/1FqOxL

Blog Archive