Thursday, April 9, 2015

Karyawan Lotte Mart Kelapa Gading Demo Menuntut Kesejahteraan


Karyawan Lotte Mart Kelapa Gading Demo Menuntut Kesejahteraan

Serikat Pekerja Lotte Indonesia (Spelindo) se-Pulau Jawa mulai harini hingga 11 April mendatang berencana melakukan mogok kerja secara massal. Salah satu aksi demo ini terlihat di supermarket Lotte Mart Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (9/4/2015).

Amin (42), koordinator aksi mogok di Lotte Mart Kelapa Gading mengatakan, unjuk rasa ini dilakukan serentak dengan dua tuntutan utama.

"Pertama, menuntut adanya perjanjian kerja bersama (PKB) antara manajemen Lotte Mart dengan Spelindo. Kedua mengenai formulasi penggajian," terangnya kepada reporter Infonitas.

Lanjut Amin, tuntutan mengenai PKB ini diawali sejak perubahan manajemen dari Makro menjadi Lotte pada 2009 silam. Hingga kini kesepakatan PKB-nya belum ada.

PKB tersebut menurut Amin dinilai sangat penting bagi karyawan Lotte. Karena dalam UU No. 13 Tahun 2009 Tentang Ketenagakerjaan, selain untuk mengatur sisdur kerja, PKB juga diformulasikan untuk kesejahteraan pegawai.

"Karena PKB belum ada, kita masih memakai sistem zaman Makro. Jadinya gaji karyawan lama yang sudah berstatus tetap hanya berselisih sedikit dengan karyawan baru. Padahal yang lama sudah bekerja 10 tahun lebih," ungkap Amin.

Namun dirinya menegaskan, meski melakukan aksi mogok, pelayanan terhadap pelanggan Lotte Mart Kelapa Gading tetap berjalan seperti biasa.

Dari pantauan di lokasi, konsumen Lotte Mart tetap melakukan aktivitas belanja seperti biasa dan tetap dilayani oleh karyawan dengan baik. "Oh ada demo ya? Tapi asal gak mengganggu pelayanan ke pelanggan, enggak apa-apa," singkat Adriana (31) salah satu pengunjung Lotte Mart, warga Kelapa Puan, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

narasember: http://www.infonitas.com/megapolitan...6#.VSYEmI7TDrM

Bukti bahwa masih banyak pekerja di indonesia yg msh tidak sejatera

Link: http://adf.ly/1E8b6Q

Blog Archive