Tuesday, April 7, 2015

[kobokan effect] Elektabilitas Jokowi Makin Jauh Tinggalkan Prabowo


Elektabilitas Jokowi Makin Jauh Tinggalkan Prabowo

Jakarta - Pilpres 2014 berakhir dengan kemenangan Jokowi-JK atas Prabowo-Hatta. Setelah tahun berganti, ternyata elektabilitas keduanya juga semakin terpaut jarak yang tak sedikit.

"Seandainya Pilpres ulang dilakukan hari ini, publik lebih memilih Jokowi (45,8%) dibanding Prabowo (30,0%) untuk menjadi Presiden," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari, kepada detikcom.

Survei tersebut dilakukan pada tanggal 15 – 25 Maret 2015. Survei dilaksanakan di 34 provinsi di seluruh Indonesia dengan jumlah responden sebesar 1200 orang (margin of error sebesar ± 3,0% pada tingkat kepercayaan 95%).

Responden survei ini dipilih dengan metode multistage random sampling untuk menghasilkan responden yang mewakili seluruh populasi publik dewasa Indonesia (berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan).

Jika Pilpres dilakukan hari ini maka elektabilitas Jokowi mencapai 45,8%. Sedangkan Prabowo Subianto hanya tinggal 30%. Sementara itu 8,8 persen responden tidak tahu atau tidak menjawab, 13,6 persen responden belum memutuskan dan masih ada 1,9% pemilih rahasia.

Demikian pula pemilih Jokowi-JK semakin jauh meninggalkan Prabowo-Hatta. Berikut data survei Indo Barometer:

Jokowi-JK: 46,3%
Prabowo-Hatta: 29,1%
Tidak tahu/tidak menjawab: 8,6%
Belum memutuskan: 14,2%
Rahasia: 1,9%

"Seandainya Pilpres ulang dilakukan hari ini, publik lebih memilih pasangan Jokowi- JK (46,3%) dibanding pasangan Prabowo-Hatta (29,1%) untuk menjadi pasangan Presiden – Wakil Presiden," kata Qodari.

Saat ini memang elektabilitas keduanya sudah tak terlalu dipantau masyarakat. Lalu apakah peta elektabilitas Jokowi vs Prabowo akan menjadi penting mendekati Pilpres 2019 kelak?


http://news.detik.com/read/2015/04/0...?991104topnews

apakah ini survey bayaran ?? kebohongan media nastak???
atau memang ternyata setelah jadi presiden, jongoswi berhasil mendistribusikan aer kobokan secara terstruktur masif dan sistematis ke seluruh rakjat indonesia ???

ini tidak bisa dibiarkan sodara2, bagaimana ini







Link: http://adf.ly/1DqpNz

Blog Archive