Monday, April 20, 2015

[LAPORAN KINERJA MENTRI] Puan Tambah Dua Juta KIS untuk Kaum Marginal


Puan Tambah Dua Juta KIS untuk Kaum Marginal



AKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan pemerintah menyiapkan dua juta lebih Kartu Indonesia Sehat (KIS) sebagai buffer atau penyangga. Dengan demikian, jumlah total KIS yang diterbitkan menjadi 88,4 juta dari rencana semula 86 juta kartu.

"Ini lebih banyak sekitar dua juta kartu yang akan digunakan sebagai buffer atau penyangga bagi kaum marginal," ujar Puan usai menemani Presiden Jokowi membagikan Kartu Indonesia Sehat kepada para pekerja di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Buffer atau penyangga ini diperlukan karena menurutnya tidak semua keluarga terutama keluarga yang selama ini terpinggirkan terdata. Keluarga yang terpinggirkan ini terutama adalah mereka yang tuna wisma."Mereka ini kan rentan sekali, sehingga pemerintah juga memperhatikan agar mereka juga bisa mendapatkan layanan kesehatan," tambahnya.

Pembagian kartu yang dilakukan di aeral perkebunan PTPN III ini sendiri menurut Puan secara simbolis menandai pembagian kartu untuk para pekerja BUMN. Diharapkan ujar Politisi PDIP ini lagi pembagian kartu tahap kedua akan dilakukan pada akhir April.

"Kita akan luncurkan sekaligus tiga kartu yaitu Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Keluarga Sejahtera di 9 Provinsi dan 12 Kabupaten/kota. Insya Allah akan diberikan 88 juta Kartu Indonesia Sehat, 20 juta Kartu Indonesia Pintar dan 17 juta Kartu Keluarga Sejahtera," tegasnya.

Ditanyakan mengenai masih banyaknya suara sumbang akan program yang dilakukan pemerintah ini Puan menjelaskan bahwa pemerintahan akan fokus merealisasikan janji untuk membuat tiga kartu ini. Dia pun meminta masyarakat untuk memahami bahwa untuk menjalankan program ini perlu waktu karena bagaimanapun menurutnya program pemerintah hanya bisa dijalankan kalau melalui prosedur yang benar.

"Seperti yang dijelaskan Pak Jokowi, program ini kan perlu waktu untuk menjalankannya. Perlu lelang, dimasukkan ke DIPA. Saya harap April nanti bisa di-launching semua dan Juni bisa selesai. Kita akan fokus untuk ini dulu, baru nanti kita melanjutkan program-program pemerintah lainnya untuk rakyat. Ini sesuai dengan visi misi kita, kerja dan turun ke lapangan. Kita mau menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan masalah baru," ujar Putri Ketua Umum PDIP, Megawati ini lagi.

Sementara itu Anggota DPR dari Dapil Sumut 1, Hasrul Azwar meminta pemerintah segera merealisasikan janji Kartu Indonesia Sehat karena anggaran untuk itu sudah ada dalam APBN. Masyarakat saat ini menurutnya menunggu realisasi janji-janji Jokowi."Itu kan sudah anggarannya, langsung eksekusi lah. Masyarakat semua sudah menunggu realisasi janji-janji Jokowi.Jadi jangan ditunda-tunda lagi," paparnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo membagikan Kartu Indonesia Sehat kepada para pekerja PTPN III. Pembagian kartu merupakan yang pertama dilakukan setelah pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2015. Kartu yang dibagikan itu bagian dari 82 juta kartu sehat yang akan dibagikan tahun ini.



Okezone   (news.okezone.com)

Puan Tambah Dua Juta KIS untuk Kaum Marginal

Puan Tambah Dua Juta KIS untuk Kaum Marginal

Puan Tambah Dua Juta KIS untuk Kaum Marginal


Link: http://adf.ly/1FQCAO

Blog Archive