Sunday, April 12, 2015

[Lengserkan] BBM Naik, Gairah Usaha Menurun


MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulsel La Tunreng mengatakan, kenaikan harga Bahan Bakar Minyak yang dijadwalkan awal April 2012 akan memicu penurunan gairah usaha.

"Kenaikan harga BBM juga akan mempengaruhi kenaikan TDL dan hal itu akan mempengaruhi dunia usaha," kata La Tunreng di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan, untuk logistik industri atau perusahaan akan terpengaruh dari biaya transportasi, karena akan terjadi penambahan biaya angkutan. Sementara disisi lain, biaya tenaga kerja juga akan naik.

Dengan kondisi seperti itu, lanjut dia, otomatis akan mempengaruhi gairah dunia usaha setelah kenaikan harga BBM pada 1 April 2012.

Menyikapi fenomena tersebut, kata La Tunreng, pengusaha akan mengambil tiga langkah untuk menyelamatkan usahanya.

Ketiga langkah tersebut adalah mengubah kontrak di awal tahun untuk aktivitas ekspor. Selain itu, akan menurunkan produksi sebagai akibat penurunan daya beli dan mengurangi jam kerja untuk mengantisipasi terjadinya PHK massal.

"Kondisi tersebut akan menurunkan gairah dunia usaha yang berdampak sosial," katanya.

Sementara itu, lanjut dia, kenaikan harga BBM juga akan memicu pertambahan jumlah penduduk miskin sekitar 3,5 juta - 5 juta jiwa dari jumlah rumah tangga miskin saat ini sebanyak 74 juta jiwa.(*/tribun-timur.com)

http://makassar.tribunnews.com/2012/03/15/bbm-naik-gairah-usaha-menurun

20 Mei lengserkan Jokowi!!!

Link: http://adf.ly/1EVAOD

Blog Archive