Sunday, April 19, 2015

Mafia & impor, alasan tim reformasi Migas ingin hapus bensin RON 88


Mafia & impor, alasan tim reformasi Migas ingin hapus bensin RON 88

http://m.merdeka.com/uang/mafia-impo...in-ron-88.html

Merdeka.com - Beberapa hari terakhir publik di tanah air dikejutkan dengan isu penghapusan atau penghilangan Premium di kota-kota besar seperti Jakarta. Kalaupun tetap dijual di SPBU, hanya boleh dikonsumsi angkutan umum.

Sejalan dengan kebijakan itu, muncul bensin jenis baru yakni Petralite yang kadar oktannya bakal lebih tinggi dari Premium yang hanya berkadar RON 88. Tim Reformasi Tata Kelola Migas Agung Wicaksono mengaku, pihaknya tidak pernah sekalipun mengusulkan penghapusan BBM jenis Premium.

"Yang diusulkan bukan menghapus premium karena Premium adalah merek. Tapi yang dihapus adalah jenis RON 88," ujarnya saat diskusi mingguan dihelat merdeka.com, Radio Republik Indonesia, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Institut Komunikasi Nasional (IKN), dan PT Sewatama di Bumbu Desa, Jakarta, Minggu (19/4).

Dia menuturkan beberapa alasan yang dijadikan dasar menghilangkan bensin jenis RON 88. Pertama, RON 88 yang selama ini diterapkan pada BBM jenis premium sudah tidak lagi dijual di pasar dunia. Dengan begitu, penghapusan RON 88 menjadi penting untuk menutup celah mafia yang mempunyai kedekatan dan dapat mempengaruhi kebijakan.

Alasan lain untuk menghapus RON 88 adalah menekan impor minyak yang selama 10 tahun terakhir selalu mempengaruhi defisit neraca perdagangan.

Rekomendasinya, menghentikan impor RON 88 dan gas oil 0,35 persen sulfur digantikan RON 92 alias Pertamax dan untuk solar digantikan gas oil lebih rendah sufurnya 0,25 persen.

Dia berharap, munculnya bahan bakar baru bernama Petralite bisa menjadi alternatif di masa transisi sebelum bensin berkadar RON 88 benar-benar dihapuskan pada 2017.

"Penghapusan produksi RON 88 ini merupakan usaha pemerintah dalam penghapusan subsidi BBM," tegas dia.


Kita lihat saja hasilnya.

Mohon pencerahan juga dari yang memahami penggunaan bensin beroktan lebih tinggi untuk kendaraan-kendaraan keluaran lama.


Link: http://adf.ly/1FLZWd

Blog Archive