Saturday, April 25, 2015

Mendukung Cina daripada Jepang atau Amerika


Mendukung Cina daripada Jepang atau Amerika

ane mendukung kebijakan pemerintahan jokowi yang memilih kerjasama pembangungan infrastruktur dengan Cina dibanding Jepang, serta mendukung AIIB dengan mengkritik IMF, World Bank dan ADB.

Ada beberapa alasan kenapa ane lebih mendukung kerjasama dengan cina dibidang infrastruktur dibanding jepang.

1. Cina sudah terbukti mampu membangun proyek Infrastruktur skala besar dalam waktu relatif singkat. Cina

2. Cina mampu membuat proyek infrastruktur dengan spek yang sama tetapi dengan harga yang lebih murah, hal ini karena Proyek infrastruktur yang dibangun CIna umumnya dilakukan oleh Perusahaan milik negara, Berbeda dengan Jepang dimana proyek infrastrukturnya dibangun oleh swasta.

Kenapa ? karena Perusahaan Milik Negara yang dikelola secara profesional terbukti lebih efisien daripada Perusahaan milik swasta.

Ekonomi Makro Cina jauh lebih sehat dibanding Ekonomi Makro Jepang, kenapa ? karena karena hutang yang dimiliki oleh pemerintah Cina serta hutang yang dimiliki BUMN Cina jauh lebih kecil dibanding hutang yang dimiliki pemerintah Jepang serta perusahaan swasta jepang.

Hutang adalah beban , Hutang pemerintah Jepang yang besar membuat pemerintah jepang harus membebankan pajak yang besar kepada perusahaan swasta jepang yang tentu saja membuat biaya produksi perusahaan jepang semakin besar.

Hutang perusahaan swasta jepang yang besar membuat perusahaan jepang harus mengambil marjin yang lebih besar guna menutupi pengeluaran perusahaan, kedua hal tersebut membuat harga-harga barang buatan jepang kalah bersaing dibanding harga barang buatan korea atau pun cina.

Kenapa Hutang pemerintah jepang dan perusahaan swasta jepang begitu besar, hal ini tidak lain karena Jepang pernah mengalami krisis ekonomi dahsyat pada pertengahan 1980-an, yang diakibatkan oleh bubble property dan pasar saham, kehancuran harga property dan pasar saham membuat perusahaan-perusahaan jepang harus berhutang dalam jumlah besar agar bisa bertahan dan pemerintah jepang harus melakukan bail out kepada perusahaan-perusahaan besar agar ekonomi mereka tidak runtuh.

3. Bunga Hutang yang lebih kecil, Pembangunan proyek infrastruktur tentu saja tidak lepas dari hutang luar negeri karena pemerintah tidak memiliki dana dalam jumlah besar untuk mendanai proyek infrastruktur dalam skala besar dalam waktu relatif singkat.

Untuk itu pemerintah harus meminjam kepada pihak luar, pilihannya adalah meminjam kepada perusahaan pendaan jepang yang tentu saja swasta atau meminjam kepada AIIB ( bank infrastruktur bentukan pemerintah cina ), tentu saja pemerintahan jokowi lebih condong untuk meminjam ke AIIB dengan asumsi tingkat bunga yang lebih kecil.

FYI : Amerika dan Jepang ekonominya udah sakit, pemerintah amerika dan jepang udah nggak mungkin ngelunasin hutang-hutang mereka, jadi udah bener kalo pemerintahan jokowi ngejauhin negara sakit biar nggak tertular.

Link: http://adf.ly/1Fmw5K

Blog Archive