Tuesday, April 21, 2015

Menhub Jonan: Biaya Penyelamatan AirAsia QZ8501 Habis Rp 1 Triliun


Proses penyelamatan dan pencarian pesawat AirAsia QZ 8501 yang jatuh pada akhir 2014 telah selesai. Proses selanjutnya yang dilakukan adalah investigasi penyebab kecelakaan yang butuh waktu lama.

Dalam proses penyelamatan dan pencarian AirAsia yang dilakukan oleh tim gabungan pemerintah mencatat biaya yang tak sedikit. Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan menyebutkan biaya penyelamatan dan pencarian mencapai Rp 1 triliun lebih.

"Biaya penyelamatan AirAsia habis Rp 1 triliun lebih," kata Jonan saat berbicang di Kantor Kemenhub, Jakarta, Senin (20/4/2015).

Dana tersebut dibiayai dan ditanggung oleh Kemenhub, Basarnas hingga TNI. "Itu akulasi semua ditanggung TNI AL, Kemenhub, Basarnas. Kira-kira segitu," ujarnya.

Akibat tingginya biaya evakuasi, Kemenhub sangat berhati-hati dalam membuka kembali pembekuan izin terhadap AirAsia rute Surabaya-Singapura. Rute tersebut dibekukan pasca musibah, hingga saat ini.

"Kecelakaan itu makan 162. Kalau nggak ada pembekuan nanti nggak ada proses yang buat mereka hati-hati," jelasnya.

Sebagai informasi, pada 28 Desember 2014 terjadi tragedi pesawat AirAsia QZ8501 rute Surabaya-Singapura. Pesawat yang mengangkut 162 penumpang dan awak, jatuh di Selat Karimata.

http://finance.detik.com/read/2015/0...f991104topnews

Lain kali hati2, jangan sampai kecelakaan lagi

Link: http://adf.ly/1FTlAr

Blog Archive