Saturday, April 18, 2015

Michelin bangun pabrik 400 juta dollar AS


Jakarta (ANTARA News) - Produsen karet sintesis asal Perancis, Compagnie Financiere Michelin, bersama PT Chandra Asri Tbk berencana membangun pabrik pengolahan karet sintesis senilai hingga 400 juta dollar AS, demikian disampaikan Menteri Perindustrian, Saleh Husin.

"Mereka menyampaikan keseriusan mereka untuk membangun pabrik. Memang peletakan batu pertama masih lama, yaitu pada 2016," kata Husin di Jakarta, Kamis.

Menperin mengatakan, rencananya, pabrik tersebut akan mulai beroperasi pada 2019, yang akan mengutamakan kebutuhan pasar ekspor dan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi.

"Mereka sangat serius. Mereka melihat peluang pasar, tidak hanya untuk domestik, tapi untuk pasar ekspor namun belum disampaikan negara tujuan ekspornya," ujar dia.

Menperin melanjutkan, Michelin akan memanfaatkan bahan baku karet dari dua lokasi di Indonesia, yaitu Jambi dan Kalimantan Barat dengan luas masing-masing 60.000 hektar dan 20.000 hektar.

Menurut Husin, rencana investasi Michelin berkaitan perkembangan industri otomotif di Indonesia yang semakin meningkat, serta kondisi pemerintahan saat ini.

"Mereka melihat iklim investasi di Indonesia. Biasanya para pebisnis memiliki kepekaan untuk investasi, dan mereka lihat Indonesia bagus untuk investasi ke depan," ujar Husin.

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2015

http://www.antaranews.com/berita/487...juta-dollar-as

tambahan:

Original Posted By Menperin Minta Michelin Bangun Pabrik Ban Di Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA-- Menteri Perindustrian Saleh Husin menginginkan perusahaan ban global Michelin membangun pabrik ban di Tanah Air, seiring dengan investasi bahan baku ban yang dihadirkan lebih dahulu oleh perusahaan asal Prancis tersebut.

Dirjen Basis Industri Manufaktur Kementerian Perindustrian Harjanto mengatakan dengan hadirnya ekspansi bisnis ATPM di Tanah Air, maka komponen pendukungnya juga harus dikembangkan.

"Pak Menteri sudah menyampaikan tentang peluang industri otomotif Indonesia, dan mengharapkan Indonesia menjadi production based Michelin," tuturnya, Kamis (26/3/2015).

Saat ini, Michelin telah berinvestasi dalam bahan baku ban (natural rubber dan sinthetic rubber). Untuk investasi sinthetic rubber, Michelin bekerja sama dengan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk dengan kisaran investasi senilai US$400 juta.

Hanya saja, Harjanto menambahkan Michelin masih memerlukan waktu untuk menghadirkan investasi roda kendaraan tersebut.

"Mereka masih melihat pasarnya, dan brand image di Indonesia seperti apa," tambahnya.
http://industri.bisnis.com/read/2015...n-di-indonesia


Michelin bangun pabrik 400 juta dollar AS

Michelin bangun pabrik 400 juta dollar AS

koment TS;

moga jadi deh nih pabrik, tp ngeliat dollar lg ancur2an gini kayaknya berat

Link: http://adf.ly/1FHEnk

Blog Archive