Thursday, April 23, 2015

Pertama Kalinya Buat Kesepakatan, Indonesia Kini Siap Gempur Pasar Zimbabwe


Kamis, 23 April 2015 | 15:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, pemerintah Indonesia dan pemerintah Zimbabwe membuat kesepakatan bilateral. Kedua negara sepakat meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi. Indonesia pun melihat pasar Zimbabwe cukup potensial untuk dimasuki.

"Baru pertama kalinya kita dengan Zimbabwe tanda tangani kerja sama untuk melakukan konsultasi secara reguler antara kedua belah pihak," ujar Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi usai menandatangani perjanjian bilateral bersama Menteri Luar Negeri Zimbabwe Simbanashe S Mumbengewi di sela-sela acara Konferensi Asia Afrika 2015, Jakarta Convention Center, Kamis (23/4/2015).

Retno mengungkapkan kawasan Afrika selama ini masih belum dimanfaatkan secaara optimal untuk memasarkan produk-produk Indonesia. Padahal, pasar di Zimbabwe sangat potensial terutama di sektor pertanian.

"Jadi kita upayakan untuk eskpor peralatan pertanian," ujar Retno.

Tidak hanya Zimbabwe, Retno menyebutkan negara-negara Afrika juga mengungkapkan kebutuhannya akan alat-alat pertanian dari Indonesia. Selain pertanian, ada pula pembicaraan terkait dengan ekspor pesawat dan produk-produk pertahanan.

"Di sela-sela pertemuan KTT ini, kita terus melakukan pertemuan bilateral yang mengarah pada penguatan kerja sama ekonomi dengan Afrika dan tentunya juga Asia," ucap Retno.

Ketua Kamar Dagang Indonesia Suryo Bambang Sulistyo menilai perlunya Indonesia mulai menyasar pasar baru yaitu negara-negara Afrika. Pasalnya, Afrika memiliki pasar yang besar dan masih belum banyak doptimalkan. Selain produk pertanian, Suryo menuturkan kerja sama bidang industri juga bisa menjanjikan seperti tekstil, elektronik, hingga otomotif.

"Mari mulai lihat pasar-pasar yang selama ini belum dapat perhatian kita, Afrika adalah pasar yang potensinya besar. Jangan ketingggalan, yang ada nanti pasar kita saja yang diserbu orang," ucap Suryo.

sumur: http://nasional.kompas.com/read/2015/04/23/15471991/Pertama.Kalinya.Buat.Kesepakatan.Indonesia.Kini.Siap.Gempur.Pasar.Zimbabwe

Maju terus Indonesia

Link: http://adf.ly/1FgthE

Blog Archive