Sunday, April 19, 2015

Presiden Tiongkok Akan Hadiri Peringatan KAA ke-60


Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping dipastikan akan menghadiri peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) pada 22-24 April 2015, di Jakarta dan Bandung. Selain menghadiri peringatan KTT Asia Afrika, Xi Jinping juga dijadwalkan melakukan sejumlah pertemuan bilateral.

Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok Liu Zhemin mengatakan, kehadiran Presiden Xi merupakan simbol komitmen Tiongkok mendukung kerja sama Asia Afrika yang akan memperkuat pula pola hubungan Selatan-Selatan bahkan Utara-Selatan.

Liu Zhemin menegaskan, sejak KAA pada 18-24 April 1955, Tiongkok telah menunjukkan dukungannya. "Tiongkok hadir bersama negara-negara Asia Afrika yang tengah berjuang membebaskan diri dari kolonialisme, membangun struktur politik dan ekonomi agar stabil," tegas Liu kepada wartawan di Beijing (RRT), seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet RI, 17 April 2015.

Liu Zhemin menambahkan, komitmen Tiongkok juga ditunjukkan dengan kehadiran Presiden Hu Jintao pada peringatan setengah abad KAA pada 2005.

"Dan kini, enam dekade setelah KAA dilaksanakan, Tiongkok kembali meneguhkan komitmennya mendukung kerja sama, kemitraan dan solidaritas yang ditunjukkan negara-negara Asia Afrika sebagai bagian utama semangat Bandung yang dihasilkan KAA 1955," ujar dia.

Asia Afrika, sebut Liu Zhemin, adalah mitra penting Tiongkok dalam segala dinamika internasional yang berkembang.

"Beberapa negara Asia dan Afrika, seperti Indonesia dan Tiongkok merupakan emerging market yang berperan penting dalam perubahan serta dinamika ekonomi global saat ini," tutur Liu.

Presiden RRT Xi Jinping dijadwalkan akan menyampaikan pidato pada peringatan 60 Tahun KAA itu, dan menggelar sejumlah pertemuan bilateral dengan beberapa kepada negara atau perwakilan.

Jadwal

Kementerian Luar Negeri RI memperkirakan 3.660 anggota delegasi dari 77 negara Asia Afrika bakal menghadiri acara ini. Jadwal acara KAA dan Peringatan 60 Tahun KAA yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Bandung adalah:

1. 19 April: Pertemuan pejabat tingkat tinggi (Senior Official Meeting) kawasan Asia-Afrika. Kemudian, pada 20 April akan ada Pertemuan Tingkat Menteri;

2. 21-22 April, Pertemuan Puncak Bisnis Kawasan Asia-Afrika (Asia-Africa Business Summit);

3. 22 April, pelaksanaan KTT hari pertama. Pada 23 April pelaksanaan KTT hari kedua, dan direncanakan akan ada jamuan makan malam oleh Presiden RI Joko Widodo untuk para kepala negara;

4. 24 April, hari terakhir rangkaian pelaksanaan KAA, akan dilakukan Historical Walk (napak tilas) KAA oleh para kepala negara di Bandung.

http://www.rtv.co.id/read/news/3389/...atan-kaa-ke-60

Link: http://adf.ly/1FJTMG

Blog Archive