Wednesday, April 1, 2015

(Sakauw 86)15 Polisi Direhabilitasi Gara-gara Narkoba 15


Ilustrasi narkoba. TEMPO/Eko Siswono Toyudho

TEMPO.CO, Jakarta - Balai Besar Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional, Lido, Sukabumi, mencatat sebanyak 15 anggota polisi tengah menjalani rehabilitasi di sana. "Itu polisi keseluruhan di Indonesia, kebanyakan dari (pulau) Sumatera," kata Kepala Balai Besar Rehabilitasi BNN Komisaris Besar dr. Yolan, Senin 30 Maret 2015.

Yolan tak merinci masing-masing polisi itu menjadi penyalahguna narkoba jenis apa. Namun, secara keseluruhan residen -sebutan pengguna narkoba yang direhabilitasi, menjadi pengguna narkoba jenis sabu. "Kedua ganja, ketiga heroin, dan berikutnya narkoba jenis baru," ujarnya.

Saat ini ada sebanyak 327 residen yang tengah menjalani rehabilitasi. Yolan menegaskan tak ada perlakuan khusus terhadap 15 anggota polisi yang direhabilitasi di Balai Besar Rehabilitasi BNN.

"Semua penanganannya sama, tidak ada yang dibeda-bedakan. Kalau sudah masuk sini, ya menjalankan peraturan di sini, tidak pandang anggota polisi, artis atau masyarakat biasa," kata Yolan.

Kepala Bagian Psikologi Kepolisian Daerah Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Hary Prasetyo, polisi merupakan profesi yang rawan dengan stres. Sebab, bekerja tidak mengenal waktu dan di sisi lain harus melindungi, melayani serta menegakan hukum. "(Sehingga) bisa saja mencoba menggunakan narkoba, akibat stres itu," ujarnya.

Penggunaan narkoba oleh anggota polisi, Hary melanjutkan, kemungkinan juga karena anggota itu berada di lingkup narkoba, misalnya memberantas dan menindak penyalahguna atau pengedar. "Tapi, tidak semua, paling hanya satu, dua orang," kata dia.

http://www.tempo.co/read/news/2015/04/01/064654412/15-Polisi-Direhabilitasi-Gara-gara-Narkoba

waduh pak, kalo namanya stress, profesi apapun pasti ada stresnya pak,
bukan cuma polisi

Link: http://adf.ly/1CXosl

Blog Archive