Sunday, April 12, 2015

Sebuah Asteroid Temuan Astronom NASA Diberi Nama Malala


Malala-Yousafzai.png
Asteroid Malala  (sh.st) - Wanita insiprasi pendidikan perempuan di dunia, Malala Yousafzai bukan hanya mendapatkan penghargaan Nobel Perdamaian saja. Bahkan nama dara cantik asal Pakistan tersebut juga dipakai untuk memberikan nama sebuah asteroid di luar angkasa.

Asteroid tersebut memiliki kode 316201. Asteroid Malala tersebut ditemukan oleh seorang astronom NASA bernama Dr Amy Mainzer. Dalam temuan tersebut, salah satu benda di antariksa tersebut berada di sabuk orbit utama antara planet Mars dan Jupiter. Dalam revolusinya, diketahui Asteroid Malala memiliki mengorbit dengan Matahari setiap 5,5 tahun sekali.

asteroid-malala.png

Menurut keterangan Mainzer, pemberian nama Malala pada asteroid yang ditemukannya itu sebagai bentuk apresiasi besar bagi aktivis perempuan tersebut dalam menjalankan misi besarnya.

"Sangat sedikit (asteroid) telah diberi nama untuk menghormati perempuan yang memiliki kontribusi besar. Ini adalah kehormatan besar," kata Mainzer dikutip dari Mashable.

Diketahui, Malala Yousafzai adalah aktivis perempuan dalam pendidikan di dunia. Ia merupakan blogger asal Pakistan. Ia sangat keras dalam memperjuangkan hak-hak pendidikan wanita di dunia, khususnya perempuan di negaranya. Terlebih lagi, tentara Taliban sangat membatasi akses pendidikan bagi perempuan di sana.

Mendapati kegundahan tersebut, ia pun menulis sebuah artikel di blog. Sayangnya, aksi tersebut diketahui tentara Taliban dan menuai konsekuensi besar. Saat berada di bus sekolah, tiba-tiba beberapa tentara Taliban bersenjata merangsak masuk ke bus dan langsung menghujani Malala dengan peluru tajam. Beberapa tembakan mengenai kepalanya dan ia dinyatakan kritis pada tahun 2012. Bahkan beberapa kalangan menilai jika Malala tak akan tertolong.

Beruntung, usai mendapatkan perawatan medis, Malala pun selamat dan menjadi wanita termuda yang membawa kampanye pendidikan kepada anak-anak perempuan di Pakistan dalam usianya yang masih 11 tahun.

Pada tahun 2014 lalu, Malala Yousafzai mendapatkan penghargaan Nobel Perdamaian bersama dengan Kailash Satyarthi.

Link: http://adf.ly/1EWC5c

Blog Archive