Saturday, April 25, 2015

Selain Murah, Ini Kelebihan Solar Campur Air Buatan Pertamina


PT Pertamina (Persero) sedang menguji coba bahan bakar baru, yakni solar yang dicampur air. Produk ini selain diklaim lebih murah, ada pula kelebihan lainnya dibandingkan Biosolar yang dijual di SPBU saat ini.

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Ferdy Novianto mengatakan, biosolar memang bahan bakar yang bagus, apalagi di dalamnya mengandung 15% bahan bakar nabati (BBN) yakni Fatty Acid Methyl Ester (FAME) yang terbuat dari minyak kepala sawit atau CPO.

"Dipakai ke kendaraan, kotoran atau kerak di dalam mesin rontok semua, sehingga pemakaian pertama, pemilik kendaraan disarankan mengganti saringan, takutnya tersumbat. Tapi risikonya karet seal pada mesin termakan juga, ya kan, kerak saja rontok apalagi karet seal," kata Ferdy kepada detikFinance, Jumat (24/4/2015).

Selain itu yang patut diwaspadai, bila kendaraan sudah memakai biosolar dan tidak dipakai selama 1,5 bulan, solar yang mengandung BBN ini akan memisah dan mobil akan susah untuk dinyalakan.

"Di Pertamina saja, kalau FAME-nya tidak segera habis terjual, di tangki penampungan FAME-nya 1,5 bulan akan berlumut," katanya.

Lalu bagaimana dengan solar campur air ini?

"Kita sudah uji coba, campuran solar murni 65%, 10% air, 15% fatty acid, dalam lima tahun campurannya tidak berubah, tetap menyatu dan baik. Jadi solar ini bisa menjadi salah satu opsi pemerintah untuk mengurangi ketergantungan impor solar," kata Ferdy.

Kalau solar campur air ini bisa menjadi program pemerintah seperti biodiesel 15%, maka sangat menghemat devisa negara lebih banyak lagi dalam pengadaan impor BBM.

"Kita sedang minta waktu ke Menteri ESDM Sudirman Said, untuk persentasi terkait solar campur air ini, kita juga sudah uji coba sejak 2008, semoga ini berjalan lancar," tutupnya.

http://finance.detik.com/read/2015/0...f991104topnews

Inovasi baru

Link: http://adf.ly/1FlkZO

Blog Archive