Monday, April 13, 2015

(Selamat) Pertamina dan Perusahaan Solihin Kalla Bangun Terminal Gas di Bojonegara


PT Pertamina (Persero) bersama perusahaan milik Solihin Kalla, yaitu PT Bumi Sarana Migas, bekerjasama membangun terminal penerima gas alam cair (LNG Receiving Terminal) di Bojonegara, Banten. Terminal ini berkapasitas 500 MMSCFD, atau setara 4 juta ton

Kerja sama kedua belah pihak telah dituangkan melalui penandatangan Pokok-pokok Perjanjian (HoA) Utilisasi Terminal LNG Bojonegara. Penandatangan dilakukan oleh Direktur Energi Baru dan Terbarukan Pertamina Yenni Andayani dan Solihin Kalla selaku Direksi PT Bumi Sarana Migas, yang disaksikan oleh Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto.

Menurut Dwi, pembangunan infrastruktur menjadi syarat utama dalam rangka memanfaatkan bahan bakar gas. "Karena jika infrastruktur sudah terpasang maka akan tercipta permintaan," kata Dwi Soetjipto dalam keterangan tertulis, Senin (13/4/2015).

Dwi mengatakan, pembangunan terminal LNG Bojonegara ini diharapkan akan diikuti dengan pembangunan infrastruktur lainnya. Terutama pembangkit listrik, sebagai kekuatan untuk membangun industri energi gas di wilayah Jawa bagian Barat.

Pembangunan terminal LNG di Bojonegara ini diharapkan bisa berjalan lancar dan rampung dalam waktu tiga tahun. Sesuai dengan kesepakatan bersama, proyek ini ditargetkan selesai pada 2019. Selanjutnya, Pertamina akan menggunakan seluruh fasilitas tersebut selama 20 tahun.

Dalam kesempatan yang sama, Solihin menyatakan siap berkomitmen menggarap proyek terminal LNG. "Mudah-mudahan kami bisa penuhi proyek ini dalam tiga tahun sehingga bisa bersama-sama membangun industri gas dalam negeri," ujarnya.

Proyek pembangunan terminal gas cair ini sendiri telah dimulai melalui tahapan pra-studi kelayakan untuk pembangunan land base. Sebelumnya, kedua belah pihak sudah mengadakan studi bersama mengenai rencana pembangunan land base terminal LNG Bojonegara.

http://finance.detik.com/read/2015/0...-di-bojonegara

selamat

Link: http://adf.ly/1Eibt8

Blog Archive