Wednesday, April 15, 2015

Sosok Misterius di Lingkungan Istana


Sebelumnya saya mohon maaf. Saya tak bermaksud mengunggulkan Ras tertentu ataupun menggiring opini.

Sebelum sy mengungkap sosok
ini, salam hormat dan
permohonan maaf saya
sampaikan kepada keluarga
kesultanan se indonesia , serta
kepada para pejabat negeri/dan
calon pejabat negeri ( presiden/
calon presiden/jendral TNI dan
Polri serta Tim kedokteran
kepresidenan serta tdk
ketinggalan kpd keluarga besar
istana Negara (ajudan/protokoler/
paspampres), para kepala daerah
dan politisi besar serta keluarga
besar masyarakat banten
Saya bukan seorang penulis ,
mohon maaf jika dalam tata
bahasa kurang baik/pas dalam
membaca.
sosok ini adaalah sosok yg
memiliki gelar yg di turunkan ,
gelar atau trah itu di turunkan
bukan atas darah ,silsilah ,atau
keturunan ,ataupun ras, sosok
seperti ini turun temurun di
turunkan kpd satu dari sekian
juta penduduk nusantara sejak
jaman majapahit sampai
sekarang… ini lah betapa sulit
nya membuka tabir siapa sosok
ini, krn gelar/ titisan itu bisa saja
diturunkan kpd seorang petani
miskin, ataupun seorang jendral,
dan hanya bias di ketahui oleho
rang2 dari kalangan tertentu sj.
Keberadaan yg misterius dan
tabir yg sengaja ditutupi oleh
sebagian orang selama ini hanya
demi kepentingan kelompok
bukan demi kepentingan bangsa ,
itulah yg membuat sy tergerak u/
membuka nya ,
walaupun di dalam perjalanan
tulisan sy nanti sy tdk akan
menyebut nama/alamat beliau , tp
sy akan menceritakan dimana dia
dan apa sepakterjangnya di bumi
nusantara ini… jika ada yg
bertanya siapakah sosok yg akan
sy kupas ? menjaga kontroversi
dan opini liar yg hanya akan
menjerumuskan sy ,sementara ini
sy akan merahasiakannya, yg
jelas sosok ini akan terus
diturunkan sampai negeri ini
benar2 menjadi negeri yg gemar
ripah loh jinawi.. sayangnya gelar
itu masih merasuk dalam raga
sosok yg kalo ditanya dia
menjawab.. saya hanya seorang
petani..
syjuga perlu menjelaskan kpd
pembaca dari mana sy mendapat
semua informasi ini , semua
terjadi secara tdk kebetulan.. .
ketika saya berkenalan dng salah
satu jendral di negeri ini untuk
alasan bisnis dari situlah sy
punya link teman, sahabat ,kolega
di seputaran istana,
birokrasi,politik ,bahkan keraton
di indonesia , walau dalam
perjalanan itu sy bukan siapa2
mereka, mungkin sy hanya
butiran debu diantara para
jendral dan raja.. dari situlah sy
menemukan suatu hal yg aneh
terhadap sebuah proses pemilihan
presiden ,
seorang jendral berucap (bukan
kpd sy, tp saat itu ada sy )..
"JIKAINGIN JADI PRESIDEN
DATANG LAH KE DJOGJA DAN KE
BOGOR" .. dari situlah rasa
penasaran itu muncul pertanyaan
SIAPA SOSOK MISTERIUS DI
LINGKUNGAN ISTANA itu, agar
pembaca biSA berjalan di mesin
waktu dan ikut dalam perjalan
MENELUSURI SOSOK misterius itu
, sy akan membagi jalan cerita
dlam beberapa bagian. Mari kita
buka dengan sebuah perjalanan
waktu.. napak tilas perjalan
beliau Siapa yg tau dan boleh tau
sosok dia
pejabat dan jendral(tni polri) yg
tau beliau pasti akan menutupi
beliau dari publik jika beliau itu
sesungguhnya adalah sosok
penting secara spiritualis bahkan
secara nyata
saat ini usia beliau sekitar 50an..
saya beberapa kali berjumpa
dengan beliau sempat
berbincang2 ( proses perjumpaab
sy pun tdk gampang karena
waktu itu sy numpang/ikut
bersama salah satu jendral dan
keluarga istana).1 kali,2 kali dan
yg ke 3 kali sy pun baru bisa
akrab ,
sy mulai bertanya dari hal2 kecil
dari obrolan itu pun saya
mendapat biodata beliau..beliau
berasal dari djogjakarta dan
sekarang tinggal di bogor, beliau
keturunan seorang petani
biasa,atas dasar amanat seseorang
beliau hijrah kebogor dan sampai
sekarang beliau tinggal,berbisnis,
bermasyakat di bogor jawa barat.
Beliau menceritakan kalo dia
tidak tau siapa ayah kandungnya,
ibu kandungnya meninggal bunuh
diri di pantai selatan ucapnya…
ketika saya Tanya sekali lg .. dia
menjawab dengan tertawa.. saya
sendiri tidak tau siapa saya..
siapa bapak saya bahkan ibupun
meninggal dengan bunuh diri saat
itu. Ucapnya.. beliu juga adalah
tokoh ketua paguyuban wong
Djogjakarta di bogor sana.awal
kedatangan beliau ke bogor dulu
pernah jd tukang ojek , penjual
ikan keliling kampong,yg
kemudian hidupnya berubah
drastic setelah beberapa jendral
mencari beliu,sang jendral di
kasih amanat sama seseorang di
Djogja ,jika orang yg kamu cari
ada di bogor.dari situ lah beliu di
beri kepercayaan mengurus aset2
para jendral, dari situlah
kehidupan beliau berubah drastic
beliau menjadi orang kaya , tp
sangat2 baik dan gemar memberi
uang/sedekah ( tanpa alas an
jelas beliau pernah member uang
1 amplop sy kaget dan ketika
bertanya kepada istrinya..bu
knapa bapak ngasih uang kpd
saya .. sang istrinya menjawab
bapak kalo udah nganggap anak /
keluarga suka gitu wat ongkos
kata sang istrinya sambil
tersenyum ..saya sempat menolak
tp beliau measuknanya ke dalam
tas sy)
Kehidupan sang sosok misterius
diantara tokoh politik
Beliau bukan orang partai,bukan
orang politik tapi semua petinggi
partai dari mulai jaman Soeharto
sampai sekarang pernah minta
restu sama beliu.. dan sy pun
bertanya politik kpd beliu beliu
menjawab, saya bukan politikus,
saya bukan orang partai tapi
semua baju partai ada di lemari ..
ucapnya sambil tertawa.. beliau
sosok yg humoris akrab dan
sangat2 sangat santun.. (pernah
saya makan siang dengan beliau
saat itu sy bersama seorang
jendral bintang 1, sy kaget beliau
menyuguhi kami, semua ada 10
orang , mengambilkan nasi satu2,
lauk sampai minum).
Hubungan sang sosok misterius
dengan istana
Obrolan kami pada bab ini
berselang 3 bulan , untuk alasan
bisnis saya menjumpai beliau ,
bersama seeorang ajudan
kepresidenan yang saat itu
sedang libur piket , ngajak jalan
ke bogor , rumah beliau bagai
villa asri indah dan nyaman ,jika
liburan banyak staff kepresidenan
libur dan istirtahat di rumah
beliau, dalam sebuah obrolan sy
mencoba memancing2 , knapa
abah bisa akrab dng keluarga
istana… dia menjawab saya ga
tauu ..sy juga heran lurah sini sj
ga tau siapa sy ,tapi orang2 yg jd
presiden sejak jaman soeharto
pasti nemuin saya pas pilpres.
dan ucapan itu benarr benar
polos tanpa beban.. beliau
bercerita di era soeharto sering di
ajak masuk ke kamar kerja
pribadinya dan ngobrol , dia
bilang saya heran sama pak harto
2 jam Cuma nanya sesuatu, minta
saran pak harto Cuma manggut
dan jawab iya.. iyaa .. aja..
kelakarnya sambil tertawa.. ( di
sini sy berkesimpulan /
menyimpulkan sendiri memang
benar beliau adalah orang
hebat )..beliau melanjutkan cerita
dulu TS (keluarga cendana) mau
datangng ke rumah .. sy bilang
silahkan tp jng pake patwal
maluuu saya sama tetangga dan
TS pun datang tengah malam
tanpa pengawalan katanya …
sambil kembali tertawa kecil.
Rumah saya terbuka bagi siapa
saja katanya mau presiden atau
jendral ,siapapun silahkan tapi
jangan pake patwal /protokoler
kalo kerumah begitu ucapnya..
tiba2 obrolan terhenti beliau
menerima sebuah telepon dengan
bahasa jawa yg sangat halus sy
memang tdk biasa jawa tp sy
ngerti ( 5 tahun aku di malang ).
Dlm pembicaarnnya sy menyimak
sang penelepon meminta doa nya
lg mau dilakukan tindakan
medis.. beliu pun memberi
ucapan mendoakan , dan
berpesan jika nanti sudah
sembuh mampir /istirahat di
rumah ,, ucapnya ( itu itu inti
obrolannya).. setelah selesai tlp
datang sang istri membawa
goreng pisang ke sebuah saung yg
sangat nyaman di samping sungai
dan hamparan sawah .. tempat/
villa itu adalah rumah ke 4 beliau
sangat luas dan indah, kemudian
beliau bicara .. ibu RI 1 lg sakit,
barusan tlp ucapnya… sontak sy
kaget karena baru aja sy lihat di
tv ibu no 1 di Indonesia
berangkat ke USA bersama bpk
RI 1 .. sang ibu berobat sang
bapak kunjungan kerja.. lalu sy
pun bertanya bagaimana ibu di
sana, udah baik mau dilakuakn
tindakan ringan aja.. besok
pulang ucapnya.. rupanya yg
nelepon beliau itu ibu RI 1,
obrolan kami kembali ke jaman
pak harto , pak harto mau
kerumah sy tiba2 datang
protokoler nyisir rumah dan sy
langsung tlp ga usah datang..
begitu ucapnya.. lalu sy bertanya
sambil senyum bagaiman dengan
presiden sekarang apakah pernah
ke rumah bpk.. sama saya tolakk
juga ,, hahaha kelakarnya
( benar2 humoris).kalo mau
datang sendiri silahkan tp kan ga
mungkin. Tp di sudut rumah nya
terlihat foto ibu nya ibu RI 1 /
mertuanya pak presiden istri
mendiang jendral SEW
terpampang bersama beliau
sedang di kebun) .. lahh itu
mertua pak presiden pernah ke
sini bah ,, ucapku, dia kan ga
pake protokoler Cuma pengawal
aja yaa sy sy persilahkan
katanyaa.. tersenyum).. diakhir
narasi ini sy pun bertanya kpd
sang jendral saat pulang arah
Jakarta .. bangbeliau itu siapa
sih?.. dia menjawab kalo pengen
jd presiden harus menghadap dia
ucapnya .. sambil tertawa
kecil..) .. saat itu langsung sy
nyamber siapakah dia???? .. sang
jendral tdk menjawab saat itu tp
dia melirik ke saya, dng senyum
kecil dan kedipan mata ( jiwa/
naluri sy pun bergerak ).. dari
situlah kepenasaran makin
memuncak.. dan sy berencana u/
menjumpai beliau sendiri ..
Kelebihan ,keanehan yg dimiliki
sosok misterius ini
2 bulan berselang saat saya ada
agenda pribadi ke wilayah Jakarta
, sy sengaja tdk ngabarin kolega
dan teman di MABES/ISTANA..
krn sy sengaja mau sowan istilah
jawanya sama beliau ( saat itu
insting berkata ini manusia aneh
dan misterius tp perkataan,
sikapnya,politiknya sangat2
negarawan ) hari itu sy agak
terlambat datang ke bogor , saat
itu hujan deras , sebelumnya sy
sudah tlp beliau ingin bertemu,
awalnya sangsi seorang saya mau
di terima , tp beliu menjawab
udah ke sini abah lg panen
semangka ucapnya.. puji Tuhan
senang rasanya , sy menemukan
ketenangan kalo bicara sama
beliu dalam setiap obrolan sering
memberikan petuah2/ nasehat2
yg sangat2 mengandung arti,
sangat pantas jika beliau aku
anggap seorang pilsafat. Saat sy
datang kami di terima di rumah
pertama beliu rumah yg sangat
nyaman dengan kolam yg penuh
ikan ( 2 buah kolam ikan besar
berisi ikan arwana yg sangat2
besar ) . sy datang bersama
sahabat sy kami disambut hangat
kemudian ngobrol sana sini,
karena hujan kami gagal mau ke
kebun manen semangka saat,
saat kami sedang ngobrol tiba2
ada tamu datang, dia
mengucapkan salam dengan nada
tinggi dan sambil hormat sama
beliau, sy sempat mau pindah ke
ruang tengah mau menemui
istrinya karena ga enak ada tamu,
beliu pun mencegah udahh duduk
sini, mereka Cuma mau ngasih sy
uang katanya .. sambil tertawa .
tamu yg datang berjumlah 5
orang satu diantar mereka adalah
pejabat di pemda kab.bogor dan
yg lainnya adalah pengusaha
.mereka pun ngobrol ngaler
ngidul tertawa bersama ,saya
hannya nyimak duduk manis
bersama mereka, kebetulan dari
5 orang itu ada ibu2 kami pun
duduk berjejeran. Dalam
perbincangan mereka sy
mendengar mereka memanggil
beliau itu berbeda2 , ada yg
bilang abah,mbah ,bahkan ada yg
bilang eyang .. satu diantar
mereka umurnya lebih tua tp
terlihat mencium tangan beliau..
dalam obrolan mereka terkuaklah
sebuah cerita yg di ceritakan oleh
salah satu tamu beliu ( pejabat
pemda.kab.bogor) .si abah itu
dulu nekad deh katanya . nekad
gimana ucapku.. jaman era
soeharto mau lengser beliu marah
besar terhadap orang sebuah
partai besar,sesungguhnya jika
partai itu mendengar kata2 si
abah soeharto tdk akan berstatus
dilengserkan, tp partai itu tetap
menyuruh naik ( disinilah sy
menemukan fakta bahwa saat
Suharto mau lengser sebenarnya
soeharto udah mau mundur jd
president tp partai merayu nya
agar naik sekali lagi) , di situlah
awal timbulnya goro2 terbukti.
Jauh kebelakang sebelum
soeharto turun abah sudah
menyarankan pak harto agar tdk
maju lg jd president tp beliau di
rayu partainya maju terus..
ketika mulai gonjang2 ganjing
beliu menemui pak harto agar
mundur sebelum di
lengserkan..tp partai nya tdk
setuju.beliau kemudian menulis
di mobilnya "GONJANG GANJING
dan berkeliling kota bogor..
( cerita ini penuturan dari pejabat
pemda kab.bogor) ..saat itu
komandan korem/kodim bogor
baru serah terima jabatan , sang
komandan tdk tau siapa, gara2
mengendarai mobil dengan
tulisan gonjang ganjing , 11 mobil
tentara mendatangi rumahnya
dan menangkap beliau. malam itu
jg di jebloskan ke penjara
korem,dalam penjara sy ga bias
tidur ucap si abah sampai pagi,
pas mau subuh sy ngelamun , sy
mau sholat subuh dimana ?,dia
memegang jeruji besi memangil2
tentara yg piket tp tdk di dengar
, kemudian dia duduk , dalam
hatinya dia berkata sy pengen
sholat subuh, tiba2 pas sadar sy
ada di musola korem ucapnya.. sy
bertanya sel nya di jebol bah..
gaa tauuu sy .. sy sendiri heran
kok tiba2 ada di musola ,
kemudian ya sy sholat subuh
berjamaah bareng tentara
katanya, selesai sholat subuh sy
balik lagi ke sel .pas mau masuk
ga bias krn terkunci , terpaksa sy
duduk2 di depan sel, sy sendiri
herann padahal sy ga punya ilmu
apa2 ucapnya sambil ketawaa..
( tiba2 seorang tamu berucap yg
sangat mencengangkan mungkin
itu eyang roso nya keluar bah ,
ucapnya #kode) pas udah siang
datang tentara piket sy dikira
mau kabur, padahal udah sy
jelaskan kalo sy sendiri ga tau
tiba2 udah ada di luar, tp para
tentara itu ga percaya , si abah di
jebloskan lg ke sel , di siksa jari
kakinya di injak kursi sambil
diduduki para tentara dan
dipukuli ( tau sendiri jaman pak
harto kan, kalo ada warga yg
dianggap subversive langsung
ditangkap) ..para tentara muda
dan komandan korem baru itu ga
tau jika si abah itu adalah tokoh
terhormat dimata jendral2 besar
di Jakarta,ketika itu kabar si
abah di sel nyampe ke jakarta,
sang jendral datang ke bogor
,semua prajurit dan komandan
awalnya akan di hajar juga sama
sang jendral tp beliau
mencegahnya, sejak itu semua
prajurit yg memukulimnya minta
maaf , kemudian mijitin, bikini
kopi dan sungkem minta maaf,
dan diantarkan pulang pake
mobil pribadi sang komandan
korem. Kemudian cerita
dilanjutkan oleh pejabat bogor
bahwa ke 6 tentara itu seminggu
kemudian tewas bersamaan
tabrakan di tol, dia berkelakar di
apain itu bah.. beliau menjawab
sy sendiri ga tau padahal sy ga
mendoakan apa2 kpd mereka
sumpah … ( eyangnya marah kali
bah ,, ucap si pejabat #kode)..
saat si pejabat bicara eyang si
abah selalu diam dan tdk
menanggapi, bahkan sy
menangkap belaiu mengalihkan
pembicaraan, ( ada sisi misterius
dalam hal ini yg penulis tdk
mampu menembusnya)..

Blog Archive