Wednesday, April 15, 2015

Taiwan Komitmen Berikan Perlindungan TKI Perikanan


Pemerintah Taiwan berjanji akan memberikan perlindungan penuh terhadap tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) perikanan milik Taiwan.

"Realisasinya segera diwujudkan dalam MoU antara Asosiasi Perusahaan Perusahaan Perikanan Taiwan, organisasi Pelaut Taiwan, atau dan Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI)," kata Presien Eksekutif KPI Hanafi Rustandi dalam siaran pers yang diterima, Selasa (14/4/2015).

Dia menjelaskan, selama ini banyak TKI ABK yang bekerja di kapal Taiwan tertimpa masalah karena mayoritas dari mereka ditempatkan oleh agen tidak sesuai dengan prosedur yang berlaku baik di Indonesia maupun di Taiwan.

Selain karena prosedur yang dilanggar, lemahnya aspek perlindungan terhadap TKI sektor ini juga disebabkan karena tidak adanya perjanjian kerja bersama antara kedua belah pihak.

"Perlindungan akan diberikan berdasarkan ketentuan ketenagakerjaan di Taiwan. Pelaut Indonesia juga akan mendapat gaji sesuai standar yang berlaku di Taiwan," imbuhnya.

Ketentuan kewajiban penyertaan perjanjian kerja bersama itu akan dimuat dalam MoU yang akan disepakati. Artinya seluruh perusahaan Taiwan wajib menyertakan perjanjian kerja bersama kepada TKI ABK..

http://industri.bisnis.com/read/2015...-tki-perikanan

Link: http://adf.ly/1EwC2Y

Blog Archive