Thursday, April 9, 2015

TNI AU Terus Modernisasi Alutsista 


TNI AU Terus Modernisasi Alutsista 

JAKARTA - Untuk memperkuat wilayah udara, TNI Angkatan Udara (AU) terus melakukan pembenahan. Penguatan alat utama sistem pertahanan (alutsista) sudah barang tentu menjadi prioritas utama di tahun 2015. 

Kepala Staf Angkata Udara (KSAU), Marsekal Agus Supriatna, usai gladi bersih persiapan HUT TNI AU ke 69, di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Selasa (7/4) mengatakan, TNI AU harus terus melakukan modernisasi strategi dan alutsista untuk mendukung pertahanan wilayah udara NKRI.

Menurutnya, hingga akhir 2014 sejumlah moderniasai pesawat tempur, pesawat angkut, maupun helikopter sudah dilakukan. "Sampai akhir 2014, kita sudah punya pesawat Sukhoi SU-30 sebanyak 16 unit, pesawat ?F-16 sebanyak 5 unit. Kedepan kita punya rencana dan strategi kita ingin pesawat early warning yang bisa mencover kegiatan wilayah operasi udara," ujarnya.

Selain itu, kebutuhan radar guna mencakup seluruh wilayah dari Sabang sampai Marauke juga harus diperbanyak. Dia mengatakan, kebutuhan radar saat ini mencapai 32 radar. Namun, hingga kini baru terpenuhi 22 radar. "Dua radar juga sudah datang tahun ini. Setiap tahun terus bertambah, sampai kita bisa mencover seluruh wilayah NKRI," ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto ?mengatakan, menyambut HUT TNI AU ke 69 pada 9 April 2015, TNI AU akan menampilkan sejumlah pertunjukan. Diantaranya sejumlah simulasi penanggulangan teror yang dilakukan pasukan khusus TNI AU. "Nanti ada atraksi terjun payung merebut pangkalan udara, bagaimana bebaskan sandera. Itu pertunjukan dari tim elit Den Bravo dari satuan Komando Pasukan Khas TNI AU," katanya.

Tak ketinggalan, sejumlah atraksi udara dari pesawat tempur juga akan dipertunjukkan. "Diantaranya penampilan pesawat CN 295, F-16, T50i, dan tim Jupiter yang menjadi kebanggan TNI AU," ucapnya.
http://sinarharapan.co/news/read/150...ista-nbsp-b-b-

Swa Bhuwana Paksa ( Sayap Tanah Airku )

Link: http://adf.ly/1E7dGg

Blog Archive