Monday, April 13, 2015

Yusril: Koalisi Permanen akan Cepat Bubar Kalau Prabowo Kalah


suarasurabaya.net - Yusril Ihza Mahendra Pakar Hukum Tata Negara menilai, koalisi permanen akan cepat bubar.

Sangat sulit koalisi merah putih yang diusung Prabowo-Hatta ini akan permanen, kalau pasangan itu kalah. Koalisi permanen akan goyah kalau ada tawaran dari yang menang pilpres.

"Sulit percaya saya dengan terbentuknya Koalisi Merah Putih parpol-parpol pengusung Prabowo-Hatta di DPR akan jadi koalisi permanen. Kalau Prabowo-Hatta menang, barangkali Koalisi Merah Putih itu akan relatif permanen lima tahun ke depan. Tapi kalau Prabowo-Hatta kalah, sulit percaya saya koalisi ini akan permanen. Sebab, jika ada tawaran kursi kabinet dari yang menang, partai yang terima otomatis keluar dari koalisi," ujar Yusril di Jakarta, Selasa (15/7/2014).

Menurutnya, semakin banyak partai yang menerima tawaran kursi menteri, semakin cepat koalisi itu bubar. Akhirnya yang tersisa mungkin tinggal Gerindra dan PAN saja. Golkarpun pasti akan dekat dengan penguasa.

"Wabilkhusus bagi Partai Golkar, yang tabiatnya selalu ingin melekat dengan kekuasaan. Mana tahan Golkar jadi partai oposisi. Pohon beringin hanya bisa tumbuh subur di tempat basah, bisa mati dia kalau tumbuh di tempat kering kerontang," papar Yusril yang juga Ketua Dewan Syuro Partai Bulan Bintang ini.

Apalagi kalau JK yang jadi Wapres, bisa dipastikan Golkar dan PDIP menjadi saling butuh-membutuhkan. Golkar tentu berhajat dengan kekuasaan.

"Di kursi Wapres ada JK. Aha, bukan mustahil, JK digarap jadi Ketum atau jadi Ketua Wanbin Golkar lagi. Sementara PDIP juga akan sibuk mempengaruhi kekuatan Koalisi Merah Putih di DPR yang 63%. Kalau Jokowi JK tak pandai-pandai kelola mereka, ya bisa repot juga. Agar aman tanpa banyak gangguan, Jokowi JK tentu ingin memecah atau setidaknya melemahkan soliditas koalisi oposisi di DPR," tandasnya.

Yusril menegaskan, di antara semua partai koalisi oposisi yang paling mudah diiming-imingi dengan kekuasaan adalah Golkar. Kalau Golkar keluar dari barisan oposisi, kekuatan mereka (Prabowo-Hatta) di DPR sudah di bawah 50% di DPR.

" Lihat saja nanti, koalisi oposisi akan melemah," pungkasnya.(faz/ipg)

http://www.suarasurabaya.net/print_n...-Prabowo-Kalah

betul yus, sambil nunggu bubar mending ente kerok duitnya bakrie dan golkar selama jadi kuasa hukum

Link: http://adf.ly/1Ebwqh

Blog Archive